Neufund Luncurkan STO Pertama untuk Investor Ritel

    neufund

    DuniaFintech.com – Neufund, Platform pengumpulan dana berbasis Blockchain, mengumumkan penawaran token keamanan atau STO (Security Token Offering) Eropa pertama yang ditargetkan untuk investor ritel setelah menerima izin dari Otoritas Moneter Keuangan (FMA) di Liechtenstein.

    Neufund yang berbasis di Berlin diluncurkan pada tahun 2016 dengan misi untuk membuka keuangan untuk semua. Untuk mencapai hal ini, perusahaan tersebut memberi token pada ekuitas dengan menggunakan teknologi Blockchain, yang memungkinkan para pemula dan UKM untuk mendapatkan akses ke pendanaan dengan biaya yang lebih rendah daripada jalan penggalangan dana tradisional.

    Baca juga: Kini Beli Bitcoin bisa Pakai Payment Gateway

    Neufund akan Terbitkan Token Ekuitas Hanya untuk Investor Ritel

    Pada 16 September, Neufund mengumumkan dalam siaran pers bahwa mereka telah menerima persetujuan pengaturan untuk menjadi tuan rumah penawaran umum token ekuitas perusahaan Greyp, sebuah platform mobilitas listrik – didukung oleh Camel Group, Porsche, dan T-Mobile – yang membuat sepeda listrik .

    Sementara penawaran token ekuitas (ETO) bukanlah hal baru di pasar aset kripto, fakta bahwa Neufund telah diberikan izin untuk menawarkan token keamanan kepada investor ritel (dengan investasi minimum hanya €10) adalah yang pertama.

    Zoe Adamovicz, salah satu pendiri dan CEO Neufund, menyatakan, Neufund memenuhi janjinya untuk mendemokratisasikan akses ke pendanaan bagi pengusaha secara global dan memungkinkan siapa pun untuk mengakses peluang investasi inovatif dalam lingkungan yang patuh dan aman.Zoe Adamovicz

    “Ini adalah hari yang besar, tidak hanya untuk Neufund, tetapi untuk komunitas bisnis dan keuangan pada umumnya,” kata Adamovicz.

    Selain itu, Neufund menyatakan bahwa meskipun penawarannya diatur oleh yurisdiksi Jerman atau Lichtenstein, perusahaan dari seluruh dunia dapat memanfaatkan platform untuk mengumpulkan dana melalui penjualan token digital yang sesuai. Perusahaan-perusahaan dari Belgia, Kroasia, Jerman, dan India telah melibatkan Neufund untuk meluncurkan penawaran.

    Baca juga: Beri Perhatian ke E-Commerce, Dunia Fintech Hadiri E2E Commerce

    Layanan STO untuk Semua

    Pengumuman STO ritel Neufund yang pertama adalah sebuah kabar gembira bagi investor aset digital yang tidak dapat mengambil bagian dalam penawaran token keamanan karena mereka tidak memenuhi persyaratan investor. 

    ICO memungkinkan siapa pun di seluruh dunia untuk berinvestasi dalam token digital dari startup baru. Namun, ICO tidak memiliki perlindungan konsumen, yang mengakibatkan sejumlah besar investor kehilangan uang. Versi baru ICO yang teregulasi, STO, memiliki potensi untuk menyalakan kembali demokratisasi peningkatan modal dalam ranah yang lebih profesional dan ramah konsumen daripada pendahulunya yang bersifat disruptor namun masih perlu diperbaiki dari berbagai sisi.

    Jika lebih banyak yurisdiksi menerima penawaran token keamanan bertarget ritel, kita bisa melihat kebangkitan di pasar penjualan token, yang bisa menguntungkan startup dan investor sama besarnya. Jika sedikit atau tidak ada negara mengikuti jejak Liechtenstein, kerajaan kecil ini bisa menjadi pusat utama untuk penjualan token di masa depan.

    -Dita Safitri-

    Komentar