Panduan Paling Definitif Dunia Cryptocurrency – Bag 1

    Dunia Cryptocurrency picture

    DuniaFintech.com – Panduan ini dimaksudkan berfungsi sebagai pengantar yang mudah dipahami dalam dunia cryptocurrency serta pandangan mendalam tentang berbagai proyek yang bersaing untuk investasi, dominasi pasar Anda, dan melihat teknologi, sejarah, dan tren yang mendasarinya.

    Selama bertahun-tahun, Bitcoin muncul di media setelah harganya melonjak. Saya tidak berpikir ada sesuatu yang berguna secara inheren tentang itu, saat itu. Saya pikir itu hal yang baru, skema ponzi, histeria. Namun setelah lonjakan harga terbaru dalam mata uang digital lain, seperti, Ethereum, pengembalian dana yang gila akhirnya menggoda saya. Pandangan skeptis ke skema ‘cepat-kaya’ membawa saya ke lubang kelinci dan pikiran saya segera diledakkan pada potensi teknologi. Hype di sekitarnya bukan kekurangan mania, tapi juga bukan tanpa prestasi.

    Dunia Cryptocurrency hampir pasti akan merevolusi segala sesuatu, mulai dari asuransi, logistik pasar saham, bahkan menciptakan seluruh ekonomi yang saat ini tidak ada. Anda mungkin merasa skeptis ketika mendengar sesuatu yang sangat optimis, tetapi ketika bank, pemerintah dan lembaga penelitian mulai memperhatikan dan ingin bekerja dengan proyek-proyek ini, mungkin ini saatnya kita memperhatikan juga.

    Banyak dari Anda yang membaca, mungkin gemar menggunakan gelembung ‘dotcom’ dan saya khawatir saya benar-benar setuju dengan Anda. Berita spekulasi seputar dunia cryptocurrency dan kemudahan investasi rata-rata orang telah menciptakan lingkungan di mana sebuah ide dapat menghasilkan ratusan juta dolar bahkan tanpa bukti konsep. Ini adalah bagian dari alasan mengapa panduan ini ditulis, untuk menjauhkan Anda dari padanan “pet.com” yang dinilai terlalu tinggi ini dan menuju Amazon dan Google masa depan.

    Sangat menarik dan sangat penting untuk menyoroti bahwa semakin banyak perusahaan online mulai menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran. Perusahaan tersebut termasuk situs pekerjaan hukum (https://latestlawjobs.com), situs mode atau fashion, game, dan banyak lagi. Ini jelas menyoroti bahwa dunia cryptocurrency memainkan peran yang semakin penting dalam ekonomi saat ini dan perlahan-lahan membentuk kembali model keuangan anakronistik.

    Apakah Cryptocurrency itu?

    Berapa banyak jumlah uang beredar di dunia adalah digital? Sebagian besar perkiraan menempatkannya sekitar 90%. Yaitu, 90% dari semua uang yang ada tidak benar-benar ada kecuali satu dan nol di server bank. Negara-negara mencetak uang, dengan efek seperti hiperinflasi.

    Jika Anda memperhatikan berita belakangan ini, Anda akan melihat banyak laporan peretasan: dari pemilihan presiden hingga SONY dan HBO. Menurut Anda, berapa lama lagi sebelum uang Anda, yang ada dan nol di server bank, menjadi rentan? Ini adalah salah satu alasan pertama penciptaan Bitcoin. Kebal terhadap inflasi, kebal terhadap peretasan, tetapi tidak berhenti di situ. Selama dekade terakhir, komunitas pengembang mulai menyadari bahwa ruang lingkup apa yang mereka ciptakan jauh lebih besar daripada yang pertama kali terlihat.

    Jika Anda mencari definisi yang tepat, maka cryptocurrency dapat didefinisikan sebagai:
    Mata uang digital di mana teknik enkripsi digunakan untuk mengatur pembentukan unit mata uang dan memverifikasi transfer dana, beroperasi secara independen dari bank sentral.

    Istilah cryptocurrency dapat menyesatkan karena beberapa proyek yang akan saya bahas dalam panduan ini bukan mata uang. Beberapa adalah aset, beberapa adalah “platform”, beberapa adalah bisnis. Demi akurasi, saya hanya akan menyebutnya sebagai cryptos. Terlepas dari semua pembicaraan ini, Anda masih akan bertanya mengapa Anda harus peduli tentang semua ini. Di bawah ini saya akan menjelaskan di mana nilai sebenarnya dari cryptos berada.

    Mengapa itu penting?

    Pentingnya sesuatu berasal dari betapa berharganya itu. Kadang-kadang ini memanifestasikan murni dari keyakinan bersama seperti dalam kasus emas, tetapi sebagian besar waktu itu karena sesuatu berguna. Saya yakin Anda pernah mendengar Bitcoin dibandingkan dengan “Digital Gold” dan sementara analoginya berfungsi sebagai titik masuk, ini jauh lebih berguna daripada emas.

    Sementara banyak cryptos mencoba dan membedakan diri mereka sendiri untuk mengatasi masalah-masalah spesifik, kebanyakan dari mereka berbagi seperangkat nilai yang melekat: keamanan, transparansi, kekekalan, aksesibilitas global, kecepatan dan harga. Ini adalah karakteristik bersama dari hampir semua cryptos dengan beberapa peringatan.

    Keamanan: Aset yang dikendalikan secara terpusat seperti mata uang FIAT, obligasi, surat berharga, dan sertifikat kepemilikan semuanya rentan terhadap gangguan. Entah bank sentral dapat mengubah jumlah uang beredar, pemerintah yang korup atau tidak kompeten dapat mengubah atau kehilangan catatan atau catatan kepemilikan dapat rusak oleh air dan api, bahkan jika mereka disimpan dalam bentuk digital.

    Cryptos, pada dasarnya, terdesentralisasi. Catatan tidak ada di satu lokasi tetapi di ratusan atau ribuan server di seluruh dunia. Dalam kasus Bitcoin, jaringan hanya dapat dikompromikan jika 51% dari kekuatan komputasi server mengarahkan serangan terkoordinasi berbahaya. Ini menjadi tugas yang secara ekonomi mustahil mengingat jumlah daya komputasi yang sudah sangat besar yang didistribusikan di seluruh dunia dan jumlah kerusakan terbatas yang dapat dilakukan. Individu yang mengambil bagian dalam sistem memiliki insentif ekonomi untuk tidak merusak jaringan (Perhatikan bahwa walaupun hampir tidak mungkin untuk meretas jaringan, hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk keamanan individu …)

    Transparansi: Hampir setiap crypto adalah open source, yaitu. Kode sumbernya tersedia untuk dilihat semua orang. Bagi mereka yang mengerti pemrograman bagian dalam sepenuhnya transparan. Maka dimungkinkan untuk memercayai sistem tanpa perlu memercayai satu orang karena kode hanya mematuhi logika. Selanjutnya, dengan menggunakan “penjelajah” adalah mungkin bagi siapa saja untuk melihat setiap transaksi yang pernah dieksekusi sejak pembuatan crypto. Beberapa cryptos membedakan diri mereka dengan melakukan yang sebaliknya dan menjadikannya mustahil (atau mereka mengklaimnya) bagi siapa pun untuk melacak transaksi Anda.

    Kekekalan: Mengingat dua poin sebelumnya, tidak hanya hampir tidak mungkin untuk mengubah riwayat transaksi, tetapi sepenuhnya diverifikasi, memungkinkan untuk kepercayaan penuh bahwa transaksi telah terjadi tanpa perlu menempatkan kepercayaan pada pihak ketiga. Catatan-catatan ini tidak akan pernah bisa diubah kecuali keruntuhan ekosistem sepenuhnya.

    Aksesibilitas global: Selama Anda memiliki akses ke internet, biaya dan kecepatan transaksi adalah sama untuk seseorang dengan koneksi serat optik di London seperti halnya untuk seseorang dengan koneksi seluler di Ethiopia. Kecepatan dan harga Transfer bank biasanya memakan waktu 3-5 hari kerja dan menawarkan nilai tukar yang buruk antar mata uang. Cryptos menyelesaikan ini dengan waktu transaksi mulai dari yang instan hingga 1 jam tergantung pada crypto yang digunakan. Selain itu tidak perlu mengubah mata uang sehingga jumlah yang dikirim akan menjadi jumlah yang diterima dikurangi (biasanya) biaya transaksi kecil atau nol.

    Semoga Anda akan mulai melihat implikasi dari karakteristik umum dunia cryptocurrency ini. Dengan transaksi ini, Anda tidak perlu menaruh kepercayaan pada pihak ketiga yang berpotensi korup atau tidak efisien. Dari perspektif keuangan murni, ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi “tanpa kepercayaan” di seluruh dunia dan menurunkan biaya terkait, tetapi juga membuka pasar baru yang sebelumnya menderita karena korupsi kelembagaan, mata uang yang tidak stabil, dan praktik bisnis yang buruk.

    Ini hanya permulaan, cryptos baru muncul di panggung dengan kemampuan yang jauh lebih baik: secara otomatis menyelesaikan perdagangan berjangka, mengotomatiskan jalur pasokan dan memungkinkan mesin untuk membeli produk dan layanan dari satu sama lain saat diperlukan. Teruslah membaca pada bagian selanjutnya!

    -Tony Coombes-

    Komentar