Panduan Paling Definitif Dunia Cryptocurrency – Bag 2

    Panduan Paling Definitif Dunia Cryptocurrency picture

    DuniaFintech.com – Pada panduan paling definitif dunia cryptocurrency (Bag 1), telah dijelaskan secara rinci apa itu cryptos dan sifat-sifat yang mendukungnya. Dalam bagian ini saya akan mencoba dan menjelaskan bagaimana cryptos bekerja (setidaknya dalam bentuk dasarnya) dengan cara yang mudah dimengerti.

    Jika Anda tidak tertarik, Anda dapat melewati bagian ini dan langsung menuju Kontrak Cerdas meskipun saya sarankan setidaknya memiliki pemahaman dasar tentang apa yang Anda investasikan.

    Seperti disebutkan dalam panduan paling definitif dunia cryptocurrency (Bag 1), dua karakteristik yang menentukan dari cryptos adalah keamanan dan kekekalannya. Tetapi bagaimana mereka mencapai itu? Organisasi terpusat menghabiskan banyak uang untuk menjaga keamanan mereka. Meskipun demikian, mereka bukan saja masih rentan dari kekuatan luar, tetapi mereka juga rentan terhadap kekuatan dari dalam. Jika seseorang memiliki kunci yang tepat, mereka dapat menyalahgunakan kekuatan mereka untuk keuntungan mereka sendiri. Tidaklah nyaman untuk berpikir bahwa semua yang mencegah ini adalah hati nurani moral atau rasa takut ditangkap. Dengan cryptos ini menjadi tidak relevan karena tidak ada yang memiliki semua kunci. Sebagai gantinya, individu-individu yang berjumlah ratusan hingga ribuan secara kolektif memiliki kunci dan tidak hanya diberi imbalan karena mematuhi aturan, tetapi juga dihukum karena berusaha untuk melanggarnya. Mari kita lihat bagaimana ini bekerja dengan analogi.

    Bayangkan sebuah bank sederhana di mana orang dapat menyimpan uang mereka untuk diamankan. Bank menuliskan semua transaksi dalam buku besar untuk melacak semuanya. Sayangnya, seorang pencuri yang cerdik masuk ke kantor bank dan membuat beberapa perubahan pada buku besar sehingga ketika mereka pergi untuk menarik uang mereka pada hari berikutnya entah bagaimana memiliki lebih dari yang mereka setor. Bank memeriksa buku besar dan semuanya tampak beres.

    Sekarang bayangkan situasi kedua di mana kita memiliki bank dengan 11 cabang berbeda. Tak satu pun dari cabang saling percaya sehingga mereka datang dengan sistem. Masing-masing memutuskan tidak hanya untuk menyimpan catatan transaksi mereka sendiri tetapi mengirimkan perwakilan ke setiap cabang lain untuk secara independen menuliskan setiap transaksi yang dilakukan rekan mereka. Dengan cara ini jika ada perselisihan, cabang dapat membandingkan buku besar mereka dan memutuskan secara mayoritas mana yang benar. Tetapi masih ada masalah: ketika para perwakilan sedang dalam perjalanan di antara cabang-cabang untuk membandingkan buku besar mereka diserang oleh pencuri dan buku besar lebih dari 6 cabang diubah. Jadi mereka menambahkan langkah tambahan: pada akhir setiap halaman buku besar bank akan memasukkan semua nilai transaksi dari halaman itu ke dalam persamaan yang rumit dan menuliskan apa yang mereka dapatkan dalam dokumen untuk disimpan.

    Di akhir halaman berikutnya mereka akan menambahkan semua nilai lagi tetapi juga menggunakan jawaban mereka dari halaman sebelumnya. Bagaimana ini bisa membantu selain membuat segalanya menjadi lebih rumit?

    Sekarang ketika sekelompok pencuri menyerang perwakilan mereka tidak hanya harus mengubah entri tetapi memastikan bahwa perubahan yang mereka lakukan masih memberikan jawaban yang sama ketika mereka dimasukkan ke dalam persamaan kompleks. Ini memakan waktu lama, bahkan beberapa minggu. Jauh sebelum itu bank menyadari ada sesuatu yang salah dan mengeluarkan salah satu dari banyak salinan buku besar.

    Sebenarnya ada satu hal lagi yang membuat sistem lebih aman. Untuk menghentikan bank agar tidak berkolusi terhadap pelanggan mereka, cabang-cabang ditawari hadiah setiap kali mereka setuju dengan mayoritas bank lain, jika mereka dalam minoritas, mereka didenda. Ternyata jauh lebih bermanfaat bagi cabang untuk bermain sesuai aturan daripada mencoba untuk mematahkannya.

    Pada bagian selanjutnya kita akan melihat bagaimana analogi ini berhubungan dengan “blockchain” (sistem buku besar) dan perbedaan antara metode konsensus.

    “Blok” di blockchain dapat dianggap sebagai halaman. Akhirnya persamaan kompleks yang harus mereka selesaikan dengan nilai transaksi pada halaman disebut hashing dan jauh lebih sulit untuk dilakukan secara terbalik (seperti yang dicoba oleh pencuri). Jadi apa manfaatnya menjadi “simpul”? Ya, setiap transaksi yang dilakukan membayar biaya kepada node untuk memprosesnya dan memastikan keamanannya. Denda yang kita bicarakan dalam analogi bank bergantung pada metode konsensus, yang mana ada banyak jenisnya. Saya akan membahas yang paling penting / populer pada panduan paling definitif dunia cryptocurrency bagian selanjutnya.

    -Tony Coombes-

    Komentar