Bagaimana Peran Penasihat Investasi Di Indonesia?

0
5
penasihat investasi picture

DuniaFintech.com – Di beberapa negara seperti Amerika dan China peran penasihat investasi dianggap sangat penting dan mampu berkontribusi pada pengambilan keputusan besar para investor. Lain hal dengan Indonesia, peran penasihat investasi sendiri belum cukup familiar dalam industri pasar modal.

Baca juga : Sygnum Jadi Bank Aset Digital Pertama yang Dilisensi dan Diregulasi

Secara garis besar penasihat investasi dituntut untuk dapat memberikan masukan, membuat analisis serta laporan kepada investor. Lahirnya Asosiasi Penasihat Investasi Indonesia (APII) bulan Maret lalu, merupakan batu loncatan bagi sektor pasar modal, dimana peran penasihat investasi menjadi hal yang disoroti demi mendukung dunia investasi dan pasar modal di Indonesia.

Pada 2018 lalu, jumlah pertumbuhan investor pasar modal naik 44% sebesar 1,6 juta. Angka ini mewakili dua hal. Pertama, peluang bagi pelaku industri pasar modal untuk melebarkan sayap. Kedua, tantangan untuk mengedukasi para investor tentang seluk beluk dunia investasi dan pasar modal. Melihat fenomena tersebut, APII hadir untuk menjadi solusi atas persoalan yang muncul di industri pasar modal.

Berada di bawah naungan keanggotaan Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APRDI), APII didirikan oleh sembilan institusi sebagai berikut:
1. PT Avrist Asset Management.
2. PT BNI Asset Management.
3. PT BNP Paribas Investment Partners.
4. PT Heritage Amanah International.
5. PT Insight Investments Indonesia.
6. PT Jagartha Penasihat Investasi.
7. PT Penasehat Investasi Indonesia.
8. PT Pinnacle Persada Investama.
9. PT Xdana Investa Indonesia.

Baca juga : Seberapa Penting Perencanaan Warisan, Apakah Akan Berpengaruh Pada Bisnis Anda?

Keberadaan perusahaan penasihat investasi tersebut dibutuhkan oleh investor dalam memberikan edukasi dan pandangan profesional untuk memetakan portofolio investasi khususnya di sektor pasar modal.

Bagi investor, khususnya yang mengharapkan investasi pasar modal sebagai faktor penambah pendapatan, peran penasihat investasi sangat krusial dalam membantu perusahaan untuk memetakan portofolio investasi, memilih instrumen investasi hingga memberikan masukan akan prospek industri di masa mendatang.

Baca juga : Cari Pembiayaan, Industri Work Over Well Service (WOWS) Disarankan Masuk Pasar Modal

— Dinda Luvita —

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here