Pendanaan Fintech Dengan Nominal Mencengangkan

    pendanaan picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Perusahaan fintech dunia yang telah didukung venture capital mencatatkan pendanaan senilai US$39,57 miliar dari investor global sepanjang 2018, naik 120% dari 2017.

    Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah riset yang dilakukan oleh perusahaan startup asal Amerika Serikat CB Insights, dikutip dari Reuters. Pendanaan ini didapatkan dalam 1.707 kali suntikan dana. Naik dari tahun 2017 yang hanya mencapai 1.480 suntikan modal.

    Pertumbuhan terkait pendanaan tersebut disebabkan oleh 52 mega-rounds atau investasi dengan nilai fantastis lebih besar dari US$100 juta dengan total yang bernilai US$24,88 miliar dalam satu kali putaran pengumpulan dana.

    Baca juga : Strategi Kirim Uang Pakai Blockchain Biaya Lebih Murah dan Mengurangi Kegiatan…

    Salah satunya adalah investasi atau suntikan dana sebesar US$14 miliar kepada Ant Financial, perusahaan sistem pembayaran yang terafiliasi dengan Alibaba Group Holding menjadi yang terbesar pada tahun lalu. Nilai ini setara dengan 35% dari total dana yang dikumpulkan oleh fintech

    Dalam tiga bulan terakhir, ada lima unicorn baru di dunia. Termasuk startup penyedia kartu kredit bernama Brex, startup bank digital Monzon dan startup agregator data Plaid. Unicorn adalah startup yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar.

    Baca juga : Perlukah Teknologi Blockchain Diregulasi?

    Investor dari kalangan modal ventura telah menggelontorkan miliaran dolar ke perusahaan fintech. Mereka berharap dapat memperoleh pangsa pasar dari lembaga keuangan konvensional dengan menawarkan layanan keuangan digital yang lebih mudah dan lebih murah.

    Fintech telah muncul secara global di hampir seluruh sektor keuangan, termasuk pinjaman, perbankan dan wealth management.

    Asia tercatat mengalami lompatan terbesar dalam jumlah transaksi pada 2018, tumbuh 38% dari tahun sebelumnya dengan mencetak rekor US$22,65 miliar.

    Di Amerika Serikat, fintech mencetak rekor US$11,89 miliar melalui 659 investasi, sementara jumlah investasi turun di Eropa, tetapi dana yang terhimpun mencapai US$3,53 miliar.

    Bisnis yang berhubungan dengan fintech memang semakin kuat dan juga menjamur. Melihat hal tersebut membuat Perusahaan Modal Ventura atau yang biasa disebut dengan venture capital menjadi sumber dana yang dominan bagi perusahaan tersebut. Memang tidak bisa dielakkan pertumbuhan industri fintech dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang positif bahkan agresif.

    Baca juga : Survey Global Kejahatan Siber di Server dan Jaringan: Sophos

     

    Komentar
    Bottom Adv