Penggunaan Bitcoin di Negara Eritrea

    Penggunaan Bitcoin picture

    DuniaFintech.com – Nama Eritrea mungkin tak sepopuler negara-negara lain di Benua Afrika. Eritrea merupakan sebuah negara yang terletak di bagian timur laut Afrika. Eritrea berbatasan dengan Sudan di sebelah barat, Ethiopia di sebelah selatan dan Djibouti di sebelah tenggara. Bagaimana penggunaan Bitcoin di Eritrea?

    Di sebelah timur Eritrea ada Laut merah yang kesohor dan memisahkan negara itu dengan kawasan Timur Tengah.

    Eritrea memiliki Produk Domestik Bruto ke-41 (GDP) tertinggi di Purchasing Power Parity (PPP) di antara negara-negara Afrika (7,94 juta dolar AS). 10 negara Afrika teratas berdasarkan PDB (PPP) adalah: Afrika, Nigeria, Mesir, Afrika Selatan, Aljazair, Maroko, Angola, Sudan, Ethiopia, Tanzania.

    Baca juga: 25000 TEN untuk 1515 Pemenang Community Voting V!

    Bitcoin di Eritrea

    Tak ketinggalan dengan negara-negara lain di Benua Afrika, Eritrea juga merupakan negara yang sudah melek terhadap keberadaan teknologi Bitcoin. Di negara ini, Bitcoin diperjualbelikan secara legal tanpa adanya regulasi tertentu yang membatasi, kecuali untuk hal-hal yang berkaitan dengan hukum umum mengenai masalah keuangan.

    Para penduduk  yang tertarik untuk melakukan trading Bitcoin di Eritrea bisa melakukan pertukaran dengan menggunakan Nakfa, mata uang fiat setempat melalui beberapa platform global yang menyediakan layanan di negara tersebut. Platform itu antara lain SpectroCoin, CoinDirect, LocalBitcoin dan Paxful.

    Penggunaan Bitcoin di Eritrea

    Seperti kebanyakan negara di Afrika, Eritrea juga mengalami masalah krisis ekonomi yang cukup pelik. Pada akhir tahun 2017 lalu, National Association of Patriotic Eritrean Livestock Butchers (NAPELB) mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan persiapan menjelang musim liburan dan mulai menerima bitcoin dan sebagai bentuk pembayaran di Asmara Kehawta dan Adi Abeito Stockyards.

    Baca juga: Asuransi Tunjangan Hidup Mudah Diperoleh di Simplr

    Menurut ketua organisasi, Mayor Gubsa Temnewo, anggota Asosiasi Tukang Daging Ternak setepat telah berulang kali mendaftarkan keluhan mereka tentang volatilitas mata uang Eritrea dan sistem cek di negara tersebut.

    Mayor Gubsa lebih lanjut menjelaskan bahwa Asosiasi telah bermitra dengan Himbol Financial Services untuk menyediakan sistem pembayaran yang berbeda untuk pelanggannya.

    Bitcoin sekali lagi berhasil membuktikan kemampuannya membantu mengatasi masalah-masalah termasuk krisis yang terjadi di Eritrea.

    Written by: Dita Safitri

    Komentar