Perancis Rencanakan 25.000 Perusahaan Ritel untuk Menerima Bitcoin

    DuniaFintech.com – Perkembangan bitcoin semakin menarik perhatian para pelaku pasar, apalagi saat ini kenaikan harga bitcoin semakin menggiurkan untuk dibeli. Hal ini yang dilakukan Perancis untuk merencanakan puluhan ribu perusahaan ritel termasuk raksasa pakaian olahraga Decathlon dan toko kosmetik Sephora untuk melakukan pembayaran menggunakan bitcoin di tahun 2020 mendatang.

    Kabar ini disampaikan oleh para sejumlah perusahaan ritel Perancis pada saat acara Paris Retail Week berlangsung. Sistem pembayaran menggunakan BTC ini diluncurkan atas adanya kerjasama antara penyedia teknologi point of sale yaitu Global POS, aplikasi EasyWallet dan platform pembayaran Easy2Play. Meskipun pembayaran dapat dilakukan dalam bitcoin (BTC), dana akan secara otomatis dikonversi ke euro pada saat penjualan.

    Baca Juga : SP4N-LAPOR! Proyek UNDP dan KOICA untuk Perkuat Sistem E-Governance

    Layanan konversi akan disediakan oleh dua mitra yang bekerjasama yaitu Deskoin dan Savitar. Kedua mitra ini sedang dalam pengajuan akreditasi Penyedia Layanan Aset Digital berdasarkan Undang-Undang PACTE di Perancis. Selain Decathlon dan Sephora, terdapat ritel terkenal lainnya yang telah menandatangani inisiatif termasuk perusahaan ritel Boulanger, Foot Locker, World House, Intersport, Cultura, Maisons du Monde dan Norauto.

    Saat ini, BTC telah menjadi mata uang kripto yang memimpin jauh didepan dan banyak dikenal. Selain itu dengan kebijakan perancis menggunakan bitcoin sebagai pembayaran pada tahun 2020 bersamaan dengan peluncuran mata uang kripto dari facebook yaitu libra.

    Baca Juga : Sophos Terus Melacak Evolusi WannaCry, dari Predator hingga Vaksin Beresiko Tinggi

    Dilansir dari AFP, perusahaan manajemen aset digital raksasa Grayscale memberi tahu bahwa ada lebih dari 100.000 organisasi diseluruh dunia yang menerima bitcoin. Tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan nilai, BTC juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Dengan adanya rencana untuk menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran, pengguna diharapkan memiliki dampak positif pada penggunaan BTC. Serta para pengguna pun dapat menghabiskan aset digital mereka disejumlah besar lokasi.

    Nilai bitcoin saat ini sangat volatil. Muncul pada 2011, BTC nilainya tembus US$ 20.000 per unit di Desember 2017, kemudian sempat jatuh ke kisaran US$ 6.000. Tahun ini, BTCberada di kisaran US$ 10.000 per unit.

    -Vidia Hapsari-

    Komentar