PERANGI KANKER MELALUI KANKERE.COM

Desember 8, 2017

DuniaFintech.com – Kanker masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Di banyak negara, penyakit kanker menduduki posisi teratas sebagai penyakit paling mematikan. Informasi mengenai kanker perlu disebarluaskan secara lebih masif agar masyarakat lebih menyadari ancaman penyakit ini.

Informasi mengenai kanker bisa diakses melalui Kankere.com. Kankere.com merupakan web yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai bagaimana bukti ilmiah medis terbaru mengenai kanker. Selain itu, Kankere.com juga bisa menjadi platform berbagi pengalaman di antara pasien kanker.

Belum lama ini, DuniaFintech.com mewawancarai Medical Team Kankere.com Vito Filbert Jayalie. Dalam kesempatan tersebut, Vito mengutarakan, Kankere.com digawangi oleh dokter-dokter yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang kanker dan engineer, khususnya dalam bidang IT. Website ini sudah diluncurkan sejak 5 November 2017. Sumber pendanaannya pun masih dari kocek pribadi para founder-nya.

Kanker, ungkap Vito, merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi di dunia. Berdasarkan data Globocan, terdapat 14,1 juta kasus kanker baru di dunia pada tahun 2012 dan 8,2 juta kematian akibat kanker pada tahun tersebut. Angka ini juga diperkirakan akan meningkat menjadi 23,6 juta pada tahun 2030.

Di Indonesia sendiri, jumlah kasus kanker juga cukup banyak, sekitar 347 ribu pada tahun 2012. Selain itu, pasien kanker di Indonesia sering datang ke institusi pelayanan kesehatan saat stadium lanjut. Biasanya, mereka sebelumnya telah berobat ke berbagai tempat. Sayangnya, belum diketahui pengobatan yang standar berdasarkan bukti ilmiah.

Padahal, apabila datang pada stadium awal, hasilnya dapat lebih bagus,” ujar Vito.

Pasien kanker, lanjut Vito, juga kerap merasa sedih, bingung, cemas, dan putus asa terhadap penyakitnya sehingga mereka butuh tempat untuk berbagi pengalaman sehingga dapat saling menguatkan satu dengan lainnya dalam memerangi kanker.

Kami menghadirkan Kankere.com untuk menjadi sarana memberikan edukasi dan berbagi pengalaman kanker. Dalam website ini, terdapat informasi terbaru berdasarkan bukti ilmiah medis mengenai kanker,” jelas Vito.

Artikel-artikel yang terpampang di Kankere.com ditulis oleh tim medis dan disunting oleh editor yang berpengalaman. Selain itu, masyarakat, khususnya penderita kanker juga dapat mengumpulkan artikel mengenai pengalaman mereka terhadap kanker dan bertanya ke dokter melalui website Kankere.com.

Kami juga menyediakan bagian untuk berbagi pengalaman antarpasien kanker dan layanan tanya-jawab seputar informasi kesehatan ke tim dokter kami,” tambah Vito.

Vito mengaku, tantangan yang dihadapi oleh Kankere.com lebih ke marketing dan peningkatan user website dan media sosial karena web ini masih terbilang baru.

Selain itu, karena kami masih private funding, pendanaan juga menjadi salah satu masalah,” tuturnya.

Untuk menjawab tantangan-tantangan di atas, kata Vito, Kankere.com membuka diri bagi berbagai pihak yang ingin bersinergi. Ke depannya, masih menurut Vito, Kankere.com ingin menjadi one stop service untuk penderita kanker melalui berbagai acara untuk mempromosikan gaya hidup sehat hingga upaya membantu menyediakan barang keperluan pasien kanker dan layanan kesehatan untuk pasien kanker.

Memerangi kanker bukan hal yang mudah dan bukan pekerjaan dari satu atau dua orang, melainkan pekerjaan kita semua. Mari, kita bahu-membahu memerangi kanker malalui Kankere.com,” tutup Vito.

Written by: Sebastian Atmodjo

 

Komentar