Perdagangan dan Logistik Ditransformasi Blockchain

    perdagangan picture
    Top Adv

    DuniaFintech.com – Menurut laporan yang dikutip dari Organisasi Perdagangan Dunia, industri pelayaran global bernilai lebih dari $ 12 triliun. Di mana volume perdagangan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

    Namun nilai perdagangan tersebut dinilai belum sepenuhnya optimal. Mengapa? Hal ini dikarenakan masih banyak sektor operasional pada industri pelayaran yang masih perlu ditingkatkan dalam hal ini menyangkut masalah efisiensi baik itu secara waktu maupun biaya.

    Ketidakefisienan Menjadi Masalah Utama yang Perlu Diperbaiki Dalam Pelayaran Lintas Batas

    Masalah ketidakefesienan menjadi sebuah hal yang tentu saja akan menyebabkan kerugian yang tidak kecil bagi para pelaku industri pelayaran di seluruh dunia.

    Salah satu faktor penyebabnya adalah hal-hal teknis yang masih dilakukan secara konvensional ataupun manual. Setelah itu ditambahkan lagi aktivitas administrasi yang dinggap cukup memakan waktu.

    Seperti halnya pengiriman yang dilakukan oleh bank konvensional yang bisa memakan waktu berhari-hari bahkan pada sebagian kasus hingga berminggu-minggu ketika melakukan transaksi keuangan lintas batas

    Keterlambatan atau penundaan ini bisa sangat merugikan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan lintas negara dengan semakin meningkatnya cost seperti biaya penyimpanan, dll.

    Oleh karena itu, industri perdagangan lintas batas harus memiliki sebuah sistem yang lebih modern dan bisa mengakomodir aktivitas-aktivitas perdagangan dan bisa memberikan waktu pengerjaan yang lebih singkat.

    CargoCoin Membantu Menciptakan Efesiensi Melalui Blockchain

    CargoCoin merupakan sebuah jaringan yang terdesetralisasi berbasis Blockchain yang memiliki kemampuan teknologi buku besar.

    Hadirnya CargoCoin bertujuan menjadi solusi dalam mengurangi inefisiensi yang sering dialami pada bidang industri pelayaran.

    Cara Kerja CargoCoin

    • Mengamankan informasi, Blockchain sangat berguna untuk mengenkripsi data yang dimasukkan ke dalam platform ini sehingga data yang sudah diinput tidak bisa diubah ataupun dirusak. Hal ini sangat membantu industri pelayaran saat dokumentasi.
    • Meminimalkan penundaan, platform ini akan memberikan akurasi, kecepatan, kemudahan dalam dokumentasi dan transaksi keuangan.
    • Menurunkan biaya, platform ini juga akan memberikan biaya yang relatif kecil. Hal ini dikarenakan platform CargoCoin tidak melibatkan pihak ketiga dalam proses eksekusinya seperti saat melakukan transaksi keuangan.
    • Mengurangi penipuan, ketika data sudah dimasukkan pada platform ini dan uang segera dikirimkan. Pengiriman uang tersebut akan dilakukan secara otomatis melalui smart contract.  Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan diantaran pihak-pihak yang terlibat dalam proses transaksi perdagangan tersebut.

    Setiap transaksi yang dilakukan pada platform CargoCoin akan menggunakan token yang diberi nama “CRGO”. Yang mana, token CRGO memiliki standar ERC23 berbeda dengan token-token Ethereum lainnya yakni ERC20. Jadi, ERC23 memiliki keunggulan yaitu menjadi salah satu token yang paling aman yang pernah dibuat pada Ethereum.

    Source : coinannouncer.com

    Written by : Febrian Surya

    Komentar
    Bottom Adv