Plaid Mengakuisi Quovo Senilai $200 Juta

    plaid picture

    DuniaFintech.com – Startup Fintech yang berbasis di AS, Plaid telah melakukan pembelian besar pertama dengan mengakuisisi Quovo, perusahaan saingan dengan jumlah yang diperkirakan sekitar $ 200 juta.

    Didirikan pada Mei 2013, Plaid memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi melalui antarmuka program aplikasi mereka (application program interface/API). Ini memberi wewenang kepada perusahaan seperti Venmo, Robinhood, Coinbase untuk mengakses informasi rekening bank pelanggan. Ini juga memungkinkan konsumen untuk memeriksa keuangan pribadi mereka dan melaksanakan penganggaran dan manajemen pengeluaran dengan mudah.

    Baca juga: Global Telenor Rilis Blockchain Pengiriman Uang

    Sementara itu Quovo adalah platform untuk investasi, broker, dan agregasi data yang digunakan oleh pelanggan fintech dan wealth management seperti Betterment, Wealthfront, John Hancock, SoFi, Vanguard dan banyak lagi. Mereka memberikan podium untuk analitik keuangan, manajemen data, akses ke akun investasi pelanggan dan wawasan untuk investor kecil-menengah.

    “Dalam mengakuisisi Quovo, kami memperluas kemampuan kami ke kelas aset yang lebih luas. Tujuan kami adalah untuk membuat uang lebih mudah bagi semua orang, dan melakukannya mengharuskan kami mempertimbangkan kehidupan keuangan konsumen secara holistik. Kami senang bekerja dengan tim Quovo untuk mengaktifkan layanan ini,” ungkap pendiri Plaid, Zach Perret dan William Hockey.

    Memperluas Pasar Wealth Management

    Dengan tujuan memperluas ke pasar manajemen kekayaan/wealth management, akuisisi ini akan mendorong pengembang untuk mengintegrasikan gambaran keuangan lengkap konsumen ke dalam aplikasi keuangan mendatang.

    “Bersama-sama, kita akan membangun platform tunggal yang dapat digunakan oleh pengembang dan perusahaan besar untuk membangun aplikasi keuangan apa pun – mulai dari pembayaran hingga pinjaman hingga pengelolaan kekayaan,” sambung Zach Perret dan William Hockey.

    Baca juga: OJK Akhirnya Rilis Aturan Equity Crowdfunding

    Plaid, pada bulan Desember 2018, mengumumkan investasi sebesar $ 250 juta yang dipimpin oleh investor populer Mary Meeker, yang menaikkan valuasi pasar mereka menjadi $ 2,65 miliar. Ronde pendanaan ventura termasuk asosiasi Goldman Sachs, NEA dan Spark Capital (investor Plaid sebelumnya) bersama dengan Andreesen Horowitz dan Index Ventures.

    – Dita Safitri-

    Komentar