Ini Dia yang Menjadi Prioritas Penggerak Industri Fintech

    Penggerak Industri Fintech picture

    DuniaFintech.com – Tryb Group melakukan survey pada akhir bulan Oktober lalu untuk mengetahui pandangan para penggerak industri fintech dan limited partners (LP). Topik yang menjadi bahan survey pun beragam mulai dari kondisi pasar, ekosistem penggalangan dana hingga peluang perluasan bisnis ke Asia Tenggara.

    Baca juga: Investree, Savings Bond Siap Dipasarkan Kembali

    Bagi Anda yang tertarik bekerja atau memulai bisnis di bidang finansial teknologi, ada beberapa hal yang menjadi fokus perusahaan fintech atau penggerak industri fintech yang sudah ada. Apa saja?

    • Scaling

    Dalam survey ini 29% perusahaan yang menjadi responden menyebut bahwa scaling sebagai penggerak industri fintech yang merupakan hal paling penting dalam menjalankan bisnis. Scaling sendiri merupakan pengukuran kapabilitas sebuah perusahaan. Dengan memastikan seberapa besar kemampuan perusahaan dan seberapa besar target pasar yang ingin serta mampu dicapai, maka pertumbuhan bisnis pun bisa berjalan maksimal.

    • Fundraising

    Bukan hal yang mengejutkan jika dalam survey ini para pengusaha menempatkan fundraising atau pendanaan di urutan kedua hal paling penting dalam menjalankan bisnis fintech. Pengusaha memerlukan modal untuk bisa menjalankan bisnisnya. Beberapa model fundraising yang populer di industri fintech antara lain adalah ICO hingga crowdfunding.

    • Sales

    Penjualan menempati posisi ketiga dengan jumlah suara 18%. Setelah sebuah perusahaan mampu menskalakan bisnis dan memiliki modal, cara untuk membuktikan berhasil atau tidaknya usaha yang dijalankan adalah dengan melihat penjualan. Sama halnya dengan pedagang, penjualan yang baik menjadi pertanda bahwa usaha berjalan baik juga.

    • Mencari Tenaga Berpengalaman

    Segala sesuatu akan berjalan dengan sempura jika dilakukan oleh ahlinya. Bidang fintech bukanlah bidang yang bisa ditangani oleh sembarang orang. Ada bagian-bagian tertentu yang baru bisa berjalan dengan baik dan maksimal jika ditangani oleh seorang profesional. Karena itulah, recruiting talent menjadi hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan fintech.

    • Pengembangan Produk

    Dunia teknologi adalah sesuatu yang bergerak sangat dinamis. Sebuah perusahaan tidak akan bisa maju jika hanya berpatokan pada pakem lama atau sekadar mencontek sesuatu yang sudah ada. Karena itu, penting untuk terus melakukan pembaharuan-pembaharuan termasuk dengan melakukan inovasi produk.

    Selain kelima hal di atas, masih ada beberapa poin penting yang menjadi prioritas para penggerak industri fintech antara lain adanya regulasi yang sesuai, menemukan target pasar baru, menemukan pasar yang sempurna, memaksimalkan teknologi dan platform digital dll.

    Baca juga: SNI Mulai Targetkan Kerjasama Dengan Fintech?

    Tentang Tryb Group

    Tryb Group merupakan organisasi yang fokus pada pelayanan fintech dan berbasis di Singapura. Perusahaan fokus bergerak di Asia Tenggara tapi tidak seperti perusahaan rintisan lain, Tryb beroperasi sebagai perusahaan payung yang mengambil risiko serta melakukan akuisisi dengan perusahaan-perusahaan lain.

    – Dita Safitri-

    Komentar