RAIH PENDANAAN AWAL, SYNERGO SIAP MENGEMBANGKAN BISNIS

    DuniaFintech.comStartup SaaS untuk manajemen sumber daya manusia (SDM) Synergo mengumumkan meraih pendanaan tahap awal dari East Ventures. Apa yang dilakukan oleh Synergo setelah mendapat pendanaan dengan nilai yang tidak disebutkan ini?

    Synergo merupakan software manajemen tenaga kerja (HR) dan penyedia solusi yang membantu bisnis pengguna.

    “Synergo akan menggunakan pendanaan ini untuk memperbarui dan memperbaiki produk sesuai permintaan pelanggan,” kata Co-Founder & CEO Synergo Domenico Tukiman dalam keterangan resminya belum lama ini.

    Synergo berharap, teknologi yang diusungnya dapat meningkatkan kinerja karyawan. Platform Synergo sendiri dilengkapi dengan pelacak, evaluasi, pembanding, dan analisis tren performa karyawan serta perusahaan.

    Kehadiran Synergo tak terlepas dari munculnya permasalahan yang dialami perusahaan. Permasalahan itu antara lain sejumlah top management di tanah air lebih menyukai komunikasi secara tidak langsung dengan para bawahannya. Kondisi ini bisa memicu karyawan tidak bisa bekerja secara maksimal karena mendapat informasi yang tidak akurat, salah menafsirkan dan sebagainya.

    Di sisi lain, sejumlah manajemen perusahaan tidak memiliki proses peninjauan performa karyawan. Akibatnya, manajemen tidak memiliki gambaran kinerja secara menyeluruh terhadap karyawannya. Dengan kata lain, kinerja karyawan dinilai tidak berdasarkan data terukur.

    Synergo menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Caranya melalui struktur peninjauan kinerja dan objektivitas tiap karyawan serta alat untuk menganalisis informasi penting bagi tim manajemen.

    Lebih jauh, manajer dapat menetapkan dan menugaskan target untuk setiap karyawan. Di sisi lain, karyawan pun dapat menelusuri sendiri perkembangan masing-masing dan mengoordinasikannya dengan anggota tim beserta manajernya. Performa tim pun bisa diketahui. Pada akhirnya, perusahaan dapat memperoleh data dan mendapatkan informasi penting untuk penentuan tim manajemen.

    Analisis yang dihadirkan Synergo membuat perusahaan dapat mengetahui kondisi kinerja perusahaan yang sebenarnya. Karyawan dengan performa terbaik dapat diketahui sehingga bisa disiapkan sebagai calon pemimpin. Artinya, perusahaan dapat mengembangkan talenta dan potensi karyawan. Selain itu, Synergo juga menghadirkan fitur yang bisa secara otomatis memberikan jumlah tambahan gaji untuk setiap karyawan berdasarkan performa mereka.

    Menurut Domenico, ide besar dari Synergo adalah pertanyaan tentang seberapa besar penambahan gaji karyawan di Indonesia setiap tahunnya. Ia menyampaikan, biaya untuk merekrut karyawan baru telah sangat mahal.

    Kami percaya bahwa aset terpenting dari sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia. Langkah pertama untuk membuka potensi penuh dari hal tersebut adalah membuat suatu proses yang terstruktur untuk diikuti dan diukur secara berkala. Dengan Synergo, perusahaan dapat mengimplementasi sistem peninjauan performa dengan cepat, tanpa mengganggu proses bisnis mereka,” kata Domenico.

    Klien Synergo saat ini rata-rata merupakan perusahaan kecil hingga menengah. Namun, Synergo mengaku juga tengah menjalin diskusi dengan calon pengguna yang mempunyai ratusan karyawan.

     Source: dailysocial.id

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar