RAIH PENDANAAN BARU, KARADS COBA PERLUAS PASAR

    DuniaFintech.com – BMI Research dalam temuannya di tahun 2016 menyatakan untuk kaum urban di Jadebotabek, beriklan melalui media luar ruang menjadi salah satu pilihan karena banyaknya waktu kelompok ini di luar rumah. Tingkat awareness memanfaatkan media luar ruang hampir menyamai TV. Jika TV 83%, maka media luar ruang 81%. Ini karena 50% masyarakat Jabodetabek menghabiskan 10 jam waktu di luar rumah di mana 47% melihat iklan di media luar ruang.

    Inilah peluang yang ditangkap oleh KarAds. KarAds adalah startup lokal yang hadir menawarkan layanan “car advertising”. Layanan yang diberikan oleh KarAds sepenuhnya mengandalkan mobil yang dimiliki mitra. Aplikasi KarAds kini sudah tersedia di platform Android.

    Ide mendirikan KarAds muncul karena melihat mahalnya harga pemasangan iklan outdoor (billboard, videotron, transit media, transportasi umum). Di samping mahal, media yang tersedia juga sangat terbatas sehingga hanya perusahaan besar saja yang dapat beriklan di media tersebut,” kata Founder dan CEO KarAds I Made Harta Wijaya.

    Di sisi lain, ada peluang untuk menggunakan kendaraan pribadi sebagai media pemasangan iklan. Hal ini ditunjang juga dengan berkembangnya jumlah kendaraan pribadi yang digunakan sebagai taksi online. Idenya adalah memberi tambahan penghasilan bagi pengemudi kendaraan pribadi dengan menempelkan stiker di kendaraan mereka.

    KarAds tidak hanya memikirkan penggunaan kendaraan pribadi sebagai media, tapi memberikan juga pengukuran yang dapat menggambarkan efektivitas pemasangan iklan di kendaraan, seperti pengukuran pergerakan kendaraan (area pergerakan, jarak tempuh) serta perkiraan berapa orang yang sudah melihat iklan yang dipasang di kendaraan tersebut,” kata Wijaya.

    KarAds mengklaim memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari sisi teknologi dibandingkan startup sejenis. KarAds mengandalkan teknologi analytics terkini bagi pengiklan dengan memanfaatkan pemasangan stiker di mobil-mobil pribadi yang dilengkapi dengan perangkat Global Positioning System (GPS) untuk memantau langsung pergerakan dari kendaraan tersebut. KarAds akan memasang perangkat GPS di mobil mereka jika mereka terpilih dalam salah satu program yang mereka inginkan dan kompensasi akan diberikan sesuai dengan jenis stiker yang dipasang di mobil mereka.

    Bagi pemasang iklan, KarAds akan memudahkan semua proses. Hanya dengan memberikan desain yang dinginkan, langkah selanjutnya akan ditangani KarAds, seperti pencetakan dan pemasangan stiker, pembayaran pajak reklame, sampai pencabutan stiker jika program sudah berakhir.

    Di samping itu KarAds akan memberikan akses online langsung ke dashboard program mereka sehingga mereka dapat memonitor efektivitas pelaksanaan program mereka secara real time,” kata Wijaya.

    Saat ini KarAds telah memiliki cukup banyak klien dari kalangan startup hingga operator telekomunikasi di Indonesia di antaranya adalah Freshplus, OLX, Elevenia, dan Indosat Ooredoo.

    Selain itu, KarAds baru saja mendapatkan seed funding dari strategic investor dalam dan luar negeri. Terkait hal ini, KarAds berencana akan memperluas wilayah layanan ke luar Jabodetabek.

    Source:

    • dailysocial.id
    • tribunnews.com

     Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar