Regulator Keuangan Kanada: Aturan Pertukaran Kripto

    Regulator Keuangan Kanada picture

    DuniaFintech.com – Otoritas regulator keuangan Kanada sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan aturan pertukaran mata uang kripto di negara tersebut.

    Administrator Sekuritas Kanada (Canada Security Administrators/CSA) dan Organisasi Regulator Industri Investasi Kanada (Investment Industry Regulatory Organization of Canada/IIROC) menerbitkan makalah konsultasi pada hari Kamis, mencari masukan dari komunitas fintech tentang bagaimana persyaratan peraturan dapat dikembangkan untuk platform cryptocurrency.

    Regulator Keuangan Kanada Usulkan  Aturan Pertukaran Kripto

    Baca juga: Proyek Platform Blockchain Cosmos Rilis Hub Pertama

    “Munculnya aset digital dan kripto terus menjadi area yang menarik,” kata Andrew J. Kriegler, presiden dan CEO IIROC dalam sebuah pernyataan terpisah pada hari Kamis.

    Dia juga menambahkan:

    “Kita harus beradaptasi dengan inovasi, dan memberikan kejelasan kepada pasar tentang bagaimana persyaratan regulasi yang terbaik  bisa dirancang dan diterapkan pada model bisnis yang unik ini. Sambil tetap menjaga perlindungan investor.”

    Mengingat aturan ini akan menyoroti risiko kripto aset, regulator mengusulkan penerapan undang-undang sekuritas di segala aspek.

    Sebagai contoh, jika cryptocurrency adalah sekuritas dan atau derivatif yang diperdagangkan di bursa, pertukaran itu akan tunduk pada sekuritas dan atau persyaratan regulasi derivatif. Agensi berpandangan bahwa platform cryptocurrency bersifat hybrid, artinya mereka dapat melakukan lebih dari satu fungsi pelaku pasar, termasuk sistem perdagangan alternatif, pertukaran, dealer, kustodian, dan agen kliring.

    Oleh karena itu, mereka mempertimbangkan persiapan satu set persyaratan peraturan yang disesuaikan untuk mengatasi risiko dan fitur platform cryptocurrency.

    Regulasi Diharapkan Jadi Pemecah Masalah

    Saga QuadrigaCX baru-baru ini menyoroti kurangnya peraturan yang mencakup industri cryptocurrency di Kanada.

    Baca juga: Lu Global Menangkan Aplikasi Fintech (ASEAN) Terbaik

    Bulan lalu, pengawas sekuritas di provinsi British Columbia Kanada, British Columbia Securities Commission (BCSC), mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengatur pertukaran yang bermasalah.

    Makalah konsultasi CSA dan IIROC terbuka untuk komentar publik hingga 15 Mei. Ini sekaligus diharapkan mampu memecahkan masalah regulasi kripto aset secara umum dan platform pertukaran yang bermasalah di Kanada.

    Sebelumnya, DuniaFintech.com juga mengabarkan bahwa Boker Crypto asset Voyager Digital telah go public di TSX Venture Exchange Kanada. Berita itu diumumkan dalam tweet resmi dari Voyager pada 11 Februari. Seperti yang dicatat oleh posting blog perusahaan, sekarang Voyager telah go public. Secara hukum terikat untuk mengungkapkan laporan triwulanan dan tahunan. Perusahaan juga akan diminta melaporkan merger, akuisisi, perdagangan orang dalam, transaksi sekuritas oleh karyawan perusahaan, dan perubahan kepemilikan. Perusahaan ini juga berupaya merilis aplikasi perdagangan crypto seluler tanpa biaya, yang saat ini dalam pengembangan tahap beta, yang akan memungkinkan investor untuk berdagang dan mengelola aset digital mereka di berbagai pertukaran crypto.

    -Dita Safitri-

     

    Komentar