Reserve Bank of India Mengembangkan Platform Perbankan Blockchain

    Reserve Bank of India picture

    DuniaFintech.com – Reserve Bank of India (RBI) sedang mengembangkan platform blockchain untuk perbankan di cabang R&D-nya, menurut sebuah laporan di BusinessLine pada 28 Juni.

    Platform blockchain ini dilaporkan akan menampung sejumlah aplikasi blockchain, dan dijadwalkan untuk diluncurkan tahun depan. Platform model ini dilaporkan dirancang untuk melayani bank.

    Menurut direktur The Institute for Development and Research in Banking Technology, Institut Pengembangan dan Penelitian Teknologi Perbankan, cabang R&D RBI, platform ini adalah “untuk aplikasi blockchain bagi pemerintah di perbankan.”

    Baca juga: Tahukah Anda, Blockchain Ethereum Kini Dipakai Buat Verifikasi Dokumen?

    Blockchain di India

    Seperti dilaporkan sebelumnya bahwa National Payments Corporation of India (NPCI) juga sedang mempertimbangkan penerapan teknologi blockchain untuk meningkatkan kekuatan transaksi digital.

    Inisiatif sepuluh bank, di bawah naungan Asosiasi Bank India, Indian Banks’ Association,  (IBA), bertujuan untuk meningkatkan NPCI dengan menerapkan teknologi buku besar yang didistribusikan.

    Dalam artikel tersebut dinyatakan, NPCI, organisasi payung yang mengoperasikan pembayaran ritel dan sistem penyelesaian di India dan mencakup 56 bank nasional sebagai pemangku kepentingan, dibentuk dengan bimbingan dan dukungan dari Reserve Bank of India dan IBA. NPCI akan fokus pada pengembangan teknologi blockchain dalam domain pembayaran untuk meningkatkan transaksi digital.

    Pada Januari 2019 dilaporkan pula bahwa Bank-bank di India berkolaborasi pada sebuah platform blockchain baru untuk menghilangkan rintangan pembiayaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

    Konsorsium blockchain bank tersebut menargetkan peningkatan pada pembiayaan UMKM, di mana sebanyak sebelas bank – termasuk pemberi pinjaman terbesar kedua Bank Kotak Mahindra, Bank Negara India dan Bank ICICI, telah bertemu untuk membahas implementasi platform yang akan memudahkan bisnis dengan omset yang lebih kecil untuk mengumpulkan dana secara transparan.

    Baca juga: Perusahaan Blockchain Kanada Tandatangani Kontrak dengan Kementerian Transportasi Seoul

    Image by Walkerssk from Pixabay

    Komentar