Rumah Sakit Korea Selatan Ini Gunakan Blockchain?

    rumah sakit

    DuniaFintech.com – Salah satu rumah sakit terbesar Korea Selatan telah bermitra dengan perusahaan teknologi lokal untuk mengembangkan platform layanan medis berdasarkan teknologi blockchain, menurut siaran pers resmi rumah sakit 12 November.

    Baca juga : Perkembangan Teknologi dan Bitcoin di Republika Gabon

    Rumah Sakit Myongji, yang terletak di kota Goyang, Korea Selatan, telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan IT Korea BICube, yang memasarkan dirinya sendiri sebagai platform pembelajaran mesin.

    Kedua pihak berencana untuk menggunakan teknologi blockchain untuk menciptakan sistem pertukaran informasi kesehatan. Menurut rilis rumah sakit, tujuan dari proyek ini adalah untuk “membangun platform [cloud] hybrid yang menggabungkan cloud publik dan cloud pribadi.”

    Baca juga : Lima Fitur Dokuku Mudahkan Sistem Multi Cabang

    Fungsi cloud hybrid layanan pertukaran informasi medis akan memungkinkan pasien untuk berbagi data medis yang sensitif dengan lembaga medis lainnya setelah otorisasi, tanpa data yang disimpan secara terpusat.

    Menurut rilis yang beredar, kedua pihak ini berencana untuk mengomersialkan layanan pada tahun 2019.

    Mereka melihat bagaimana proyek blockchain generasi ketiga menjadi panas diperbincangkan di Korea Selatan. Selain tren positif itu, mereka juga telah melihat pihak berwenang mengambil sikap yang lebih mendukung untuk teknologi ini.

    Hal tersebut pun terbukti, dimana pada September tahun ini, Badan Internet dan Keamanan Korea atau Korea Internet and Security Agency (KISA) dan Kementerian Sains dan ICT mengumumkan rencana untuk memperluas program uji coba perintis publik mereka dari enam menjadi dua belas proyek dan menghabiskan sekitar $ 9 juta untuk menyebarkan blockchain di seluruh sektor publik dan swasta.

    Kemudian, pemerintah Korea mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan $ 35 juta untuk anggaran tahun depan untuk mengembangkan teknologi blockchain, tiga kali lipat anggaran sebelumnya untuk industri, hal tersebut dilansir dari Cointelegraph.

    Dikabarkan pula minggu ini, pemerintah Austria tampak akan mengumumkan rencananya dalam mendukung perusahaan riset kanker yang berbasis di AS menggunakan blockchain untuk mendeteksi penyakit tersebut.

    Baca juga : TrueMoney X BFI Finance Permudah Pinjaman Digital

    Written by : Dinda Luvita
    Picture by : Pixabay.com

    Komentar