Satu Kartu Ini untuk Bayar Kebutuhan Anda

    satu kartu picture

    DuniaFintech.com – Bila berkesempatan mengunjungi PT Aino Indonesia dan disuguhi minuman, bisa jadi Anda akan mengalami pengalaman baru. Apa pasalnya? Ya, alih-alih meminta bantuan office boy, customer representative atau resepsionis akan menggunakan satu kartu untuk memesan minuman Anda.

    Satu kartu tersebut kemudian ditempelkan ke vending machine yang tersedia. Minuman pesanan pun langsung keluar dari vending machine.

    Aino adalah perusahaan yang menjadikan teknologi sebagai tulang punggung pendapatannya. Hampir di semua aspek denyut nadi perusahaan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. Satu kartu itu, misalnya, disebut smartcard. Ada nominal uang yang tersimpan di dalamnya.

    Sementara yang dimaksud vending machine ialah mesin minuman berbasis uang elektronik, yaitu mesin self service minuman yang dapat menerima hingga enam kartu uang elektronik sebagai media pembayarannya. Penggunaannya sangat mudah dan cepat, hanya dengan tiga langkah: pilih minuman, tempelkan kartu U-NIK, dan ambil minuman.

    Baca juga

    PT Aino Indonesia sendiri adalah perusahaan penyedia solusi pembayaran elektronik untuk sektor transportasi massal, layanan pemerintah, pendidikan, dan ritel. PT Aino Indonesia adalah perusahaan di bawah naungan Gama Multi Usaha Mandiri yang bergerak dibidang financial technology (fintech). Melalui produk-produk mereka, Aino mendukung less cash city solution, sebuah solusi inter-usability inter-modality hingga inter-operability kartu uang elektronik dalam kota. Alhasil, penggunaan uang tunai dapat diminimalisir.

    PT Aino Indonesia berkantor pusat di Yogyakarta serta melakukan kegiatan usahanya menyesuaikan dengan kedudukan usaha pelanggan. Selain itu, Aino juga memiliki kantor representatif di Jakarta yang kedudukannya saat ini penting guna menunjang perjalanan bisnis perusahaan.

    Inovasi produk dengan media uang elektronik sebagai media pembayaran menjadi salah satu modal penting Aino dalam memulai kiprahnya sebagai unit bisnis yang mandiri. Menjadi pionir dalam bisnis penerimaan uang elektronik multi issuer menjadi langkah awal sebagai tujuan masa depan Aino sebagai Integrator penerimaan uang elektronik multi issuer terdepan di indonesia. Sebagai perusahaan lokal dengan SDM yang berkualitas, AINO ingin menunjukkan citra bangsa indonesia yang kental dengan budaya, namun adaptif terhadap perubahan teknologi masa kini.

    Baca juga

    Selain vending machine, teknologi lain yang Aino perkenalkan adalah inovasi Card Sales dan Top Up Terminal (STUT) serta Aplikasi Point Of Sales (POS). Card STUT adalah mesin penjualan, cek saldo, dan top up kartu uang elektronik yang dapat melayani penjualan kartu uang elektronik hingga delapan kartu yang berbeda. Sementara itu, Aplikasi POS yang digunakan di kasir terpusat dapat memberikan kemudahan dalam pembayaran dengan sistem pembayaran uang elektronik.

    Aino memberikan solusi pembayaran dari berbagai merchant dengan media pembayaran uang elektronik, termasuk di antaranya adalah Card STUT dan Aplikasi POS. Proses pembayaran dilakukan dengan mendapatkan kartu uang elektronik dari mesin Card STUT. Setelah mendapatkan uang elektronik, pengguna dapat melakukan top up saldo kartu di counter bank. Pengguna kemudian dapat membayar di kasir terpusat yang dilengkapi dengan aplikasi POS. Struk pembayaran akan diberikan petugas kasir kepada pengguna sebagai bukti transaksi untuk dapat ditukarkan dengan barang yang dibeli di merchant.

    Baca juga

    Dalam menjalankan usahanya, Aino juga turut merambah ke berbagai bidang lainnya, seperti transportasi. Aino, misalnya, telah bekerja sama dengan salah satu pengelola jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). Melalui anak usahanya, PT Citra Persada Infrastruktur (CPI), Citra Marga mengembangkan pembayaran elektronis berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dan Dedicated Short Range Communication (DSRC). Teknologi ini membuat kendaraan tidak perlu lagi berhenti di gardu untuk transaksi pembayaran atau multilane free flow electronic tolling system.

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar