Apa Alasan yang Membuat Sektor Fintech Begitu Digandrungi?

    Sektor Fintech picture

    DuniaFintech.com – Selama beberapa tahun terakhir, sektor fintech Indonesia maju pesat. Pengusaha kecil dan masyarakat yang tidak tersentuh perbankan konvensional adalah target utama dari para pengusaha fintech. Meski begitu, masyarakat urban yang tinggal di wilayah-wilayah perkotaan yang cenderung sudah lebih maju pun, tetap melirik fintech sebagai solusi dari berbagai masalah keuangan mereka.

    Lantas, apa sebenarnya daya tarik yang dimiliki oleh sektor fintech ini sehingga semua orang menggandrunginya?

    Baca juga: Iklim Fintech dan Perusahaan Fintech Terbaik di Malaysia

    1. Inovasi

    Jika perbankan konvensional dan bisnis asuransi tidak banyak berubah dari waktu ke waktu, startup yang bergerak di bidang fintech menawarkan solusi yang tidak biasa. Mereka berusaha menghadirkan sesuatu yang tidak bisa diberikan oleh sistem keuangan tradisional. Terlebih, mereka mampu menciptakan beragam solusi dalam waktu singkat dengan biaya murah serta proses yang mudah.

    Hal-hal baru yang mereka perkenalkan inilah yang mau tak mau membuat banyak orang penasaran. Lantas ketika ada orang yang sudah berhasil membuktikan keefisienan teknologi finansial ini, orang-orang yang tadinya hanya menyaksikan saja, perlahan merasa penasaran dan ingin mencoba juga. Pada akhirnya, fintech semakin meluas penggunaannya.

    2. Fokus Kepada Pelanggan

    Sistem keuangan tradisional sangat jauh dari kata simpel, nyaman dan mudah bagi pelanggan. Situs-situs official milik bank biasanya kebanyakan mengandung teks dan membingungkan. Di sisi lain, para penggerak fintech hadir untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi para penggunanya. Bagi mereka, pengguna adalah pusat dari bisnis. Sehingga ketika pengguna merasa tidak nyaman dengan sistem yang mereka berikan, maka bisnis tidak akan bisa berjalan.

    Baca juga: Bagaimana Teknologi Menjadi Satu-Satunya Jawaban Mengatasi Kejahatan Finansial

    3. Simpel

    Dengan fokus yang maksimal pada kepuasan pelanggan, perusahaan-perusahaan fintech mencari cara yang paling optimal untuk memecahkan masalah. Produk yang mereka tawarkan intuitif dan mudah digunakan didasarkan pada kombinasi teknologi tinggi, model bisnis canggih dan pendekatan canggih. Solusi yang jelas dan sederhana menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap fintech ketimbang jasa keuangan konvensional.

    4. Banyak Kejutan yang Menanti

    Teknologi finansial adalah sektor yang sangat dinamis. Anda mungkin terkejut melihat bagaimana hal-hal yang dulu tidak bisa kita lakukan di bidang keuangan, menjadi mungkin dengan adanya fintech. Fintech adalah industri yang sedang dan akan terus berkembang serta masih belum bisa diketahui sampai mana batasnya. Inovasi-inovasi akan terus muncul dan rasa penasaran inilah yang membuat kenapa masyarakat terus merasa tertarik dan ingin selalu update tentangnya.

    picture: pixabay.com

    -Dita Safitri-

     

    Komentar