Sempat Down, Tiga Aplikasi Ini Kembali Pulih

    sempat down picture

    DuniaFintech.com – Setelah sempat down, Minggu 14 April 2019 kemarin, layanan jejaring sosial, Facebook, WhatsApp dan Instagram kini mulai berangsur pulih.

    Twitter pun menjadi tempat untuk mempertanyakan apa yang terjadi dengan Facebook. Bahkan, tagar #WhatsAppDown, #FacebookDown dan #InstagramDown sempat menjadi trending topic di dunia dan Indonesia karena aplikasi tersebut sempat down.

    Baca juga : Cermat Antisipasi Kejahatan Siber di Internet Saat Liburan

    Facebook mengatakan pihaknya telah memulihkan akses ke platform aplikasi besutan Mark Zuckerberg tersebut. Kini pengguna kembali bisa menggunakan layanan tersebut sebagaimana biasanya setelah sempat down kemarin.

    Sekedar informasi, Instagram dan layanan pesan singkat WhatsApp berada di bawah naungan Facebook. Meski begitu, Facebook tidak merinci lebih jauh penyebab atau gambaran luasnya kejadian tersebut.

    Sempat down ketiga aplikasi itu secara bersamaan bukanlah kali pertama terjadi. Sebelumnya ketiga aplikasi itu juga pernah tumbang bersamaan pada 13 Maret lalu. Saat itu Facebook mengungkap penyebab dari tumbangnya layanan mereka adalah karena mereka melakukan perubahan konfigurasi server yang menyebabkan sejumlah layanannya tidak bisa diakses.

    “Hari ini, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah mengakses aplikasi-aplikasi ini. Masalah ini telah diselesaikan; kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata juru bicara Facebook kepada Reuters, dilansir CNBC Indonesia, Senin, 15 April 2019.

    Masalah ini terjadi setelah Facebook cs mengalami down terlama sepanjang sejarah di Maret lalu. Saat itu, para pengguna di seluruh dunia tidak dapat mengakses Facebook, Instagram, dan WhatsApp selama lebih dari 24 jam.

    Hari Minggu, Downdetector.com mengindikasikan ada lebih dari 12.000 kejadian di mana pengguna melaporkan masalah mengakses Facebook sementara 3.000 orang melaporkan masalah terkait WhatsApp, dan 7.000 orang bermasalah dengan Instagramnya.

    Situs itu juga menunjukkan bahwa masalah tersebut terjadi terutama di Eropa dan Asia selama sekitar 2,5 jam.

    Memang hingga saat ini, tidak diketahui apa yang menjadi pemicu Facebook melakukan konfigurasi server dan membuat ketiga layanan media sosial mereka sempat terganggu secara bersamaan saat itu. Yang jelas, Facebook memang memakai satu server yang sama untuk tiga layanannya, baik itu Facebook, Instagram, maupun WhatsApp.

    Spekulasi yang muncul dari konfigurasi server saat itu adalah terkait dengan rencana besar mereka untuk menggabungkan sistem ketiga aplikasi tersebut. Proyek penggabungan dibuat agar ke depannya ketiga layanan tersebut bisa saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain.

    Baca juga : Asuransi Digital Untuk Kaum Milenial

    Komentar