Smart Capital Rilis Layanan Smart P2P Lending

    Smart Capital picture

    DuniaFintech.comMakassar, 22 Oktober 2018 Smart Capital, perusahaan teknologi finansial (fintech) P2P lending, hari ini memperkenalkan layanannya dengan menghadirkan layanan P2P lending berbentuk online marketplace menggunakan teknologi smart dan proses yang efektif.

    Baca juga

    Layanan itu sebagai upaya dalam menjembatani kesenjangan bagi masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan keuangan formal, khususnya para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

    Pembukaan layanan tersebut hadir dalam diskusi mengenai “Opportunity Business P2P Lending bagi para Investor dalam memberdayakan UMKM di Indonesia” dan Sosialisasi terkait POJK Nomor 77 Tahun 2016 tentang layanan Pinjam-meminjam berbasis Teknologi Informasi bertempat di Universitas Hasanuddin, Makassar. Diskusi ini didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pemerintah Kota Makassar, Universitas Hasanuddin serta PT Pos Indonesia (Persero).

    Melalui platform smartcapital.id, calon pemberi dana / lenders baik individu maupun institutional dapat terhubung dengan calon penerima dana / borrowers, baik individu maupun pelaku UMKM di Indonesia guna memenuhi kebutuhan finansial mereka.

    “Akses terhadap pendanaan merupakan salah satu kunci utama dalam memperkuat ekosistem usaha, khususnya dalam memperkuat UMKM di seluruh Indonesia. Melihat fenomena saat ini, akses terhadap layanan keuangan baik formal dan non-formal masih merupakan tantangan besar di Indonesia, dengan kesenjangan dalam pembiayaan masih tinggi, fakta di mana sekitar 51% populasi Indonesia masih belum memiliki akses terhadap layanan keuangan formal (unbanked), dan Indonesia dengan tantangan geografisnya,” ucap Raya Rafly, CEO Smart Capital

    “Dengan kehadiran Smart Capital, kami berharap dapat menjadi salah satu pemain dalam ekosistem yang memberikan alternatif akses pendanaan yang mudah, aman dan berkualitas bagi masyarakat dan pelaku UMKM yang belum memiliki akses terhadap layanan keuangan formal (unbanked) namun layak kredit,” tambah Raya.

    Memperkuat jaringan distribusi offline yang kuat, Smart Capital membangun kemitraan strategis dengan berbagai institusi, salah satunya dengan PT Pos Indonesia (Persero), yang merupakan perusahaan logistik milik BUMN terbesar dengan jaringan yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Kedepannya, startup ini akan terus menjalin kemitraan lain dengan berbagai institusi layanan keuangan baik formal maupun non-formal guna memperluas jaringan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

    Smart Capital berkomitmen kuat untuk mendorong inklusi keuangan dengan membangun ekosistem usaha yang kolaboratif di masa depan melalui platform teknologi yang mengakselerasi proses pinjam meminjam dan berperan sebagai channel penghubung berbagai aktivitas institusi dan agen layanan keuangan. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 16 Oktober 2018, Smart Capital telah menghadirkan layanannya di Jabodetabek dan akan menghadirkan layanannya di Makassar dan beberapa kota besar di Indonesia.

    Press Release

    Komentar