Start Zakat Wadah Menyalurkan Aksi Sosial Anda

    start zakat picture

    DuniaFintech.com – Apakah Anda sudah memiliki niat untuk melakukan aksi sosial, tapi belum tahu caranya? Coba saja melalui Start Zakat. Di sana, Anda bisa membuat campaign tanpa biaya.

    Startup ini adalah portal berbagi yang dikembangkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Baznas merupakan salah satu lembaga amil zakat resmi dan diakui oleh Pemerintah RI. Dalam portal ini, Baznas bekerja sama dengan perusahaan developer layanan pembayaran digital.

    Lebih spesifik, Start Zakat adalah platform pembayaran zakat online yang menjadi penghubung antara muzakki (pemberi zakat) dan organisasi pengelola zakat di Indonesia. Selain zakat online, perusahaan rintisan ini memiliki fitur-fitur lainnya, seperti crowdfunding dan distribusi platform berbasis infak dan sedekah serta dana keagamaan lainnya.

    Start Zakat juga menghimbau pembuat campaign untuk mengetahui delapan golongan penerima zakat dan panduan melakukan campaign berbasis zakat agar terhindar dari penyaluran yang tidak tepat sasaran. Jika sebuah campaign termasuk dalam campaign zakat, maka campaign tersebut akan diprioritaskan oleh tim Start Zakat.

    Dana campaign yang terkumpul dikelola dan diawasi langsung oleh Baznas. Baznas juga berperan sebagai pengelola aktif yang akan memverifikasi akun dan campaign masyarakat serta yang akan mengontrol sebuah campaign pada saat pendistribusian dana campaign sehingga pengelolaan dana yang dihimpun menjadi akuntable dan transparan.

    Siapa saja boleh melakukan campaign di startup ini sepanjang untuk membantu masyarakat luas. Untuk memulainya, pembuat campaign dapat mengisi judul campaign, tagline, dan deskirpsi menarik agar orang mau membantu campaign tersebut.

    Selanjutnya, tim Start Zakat akan melakukan verifikasi campaign dan akun pembuat campaign. Verifikasi dilakukan agar menghindari akun palsu dan oknum yang tidak bertanggung jawab yang nantinya akan merugikan donatur dan pengelola platform Start Zakat. Tim Start Zakat juga akan melakukan moderasi campaign. Gunanya untuk mencegah konten yang tidak sesuai dengan tujuan platform dan menghindari campaign palsu. Jika semua proses selesai, maka campaign akan go live.

    Setelah selesai melakukan masa campaign, pembuat campaign harus mengisi pengajuan dana campaign dalam form keuangan yang telah disediakan. Setelah itu, pembuat campaign akan dihubungi terlebih dahulu untuk memastikan kesediannya melakukan pelaporan sesuai yang telah ditentukan. Dana yang terkumpul akan ditransfer ke pembuat campaign maksimal 2 x 24 jam. Menariknya, tidak ada biaya campaign di Start Zakat. Dana yang terkumpul akan diterima 100% oleh pencetus campaign.

    Bagaimana kalau masa campaign berakhir, namun target dana tidak tercapai? Untuk hal ini, ada dua kemungkinan. Pertama adalah menambah masa campaign atau mencairkan berapapun dana yang terhimpun dalam campaign tersebut. Di samping itu, pembuat campaign juga dapat mengumpulkan dana secara offline. Syaratnya, pembuat campaign harus mentransfer seluruh dana yang diperoleh ke Start Zakat. Hal ini untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas campaign tersebut.

     Source: startzakat.com

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar