Tahun Baru Tiba, Siapkan Proteksi Sebelum Investasi

    tahun baru picture
    Top Adv

    DuniaFintech.com – Tahun baru tiba tinggal hitungan hari lagi. Tentunya dalam menyambut tahun baru tiba, Anda akan berusaha keras dengan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Beberapa pertanyaan yang terlintas saat tahun baru tiba diantaranya apakah Anda sudah mengelola atau mengatur keuangan dengan tepat? Atau selain menabung, apa Anda sudah memiliki investasi?

    Baca juga :

    Sebelum memulai berinvestasi, ada baiknya Anda menyiapkan proteksi diri terlebih dahulu karena seperti yang kita tahu bahwa daalam hidup ada banyak kondisi tak terduga yang mungkin terjadi dan risiko yang sulit dihindari yang berdampak pada ketidakstabilan finansial.

    Berbeda dengan instrumen investasi yang menjanjikan imbal hasil berupa pengembalian hasil investasi, manfaat proteksi diri dengan asuransi justru baru akan dirasakan ketika terjadi sesuatu pada diri kita.

    1. Kenali Kebutuhan dan Kemampuan Anda Terlebih Dahulu

    Ketika Anda mulai mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi suatu produk dari platform asuransi atau perusahaan asuransi, yang pertama Anda lakukan adalah menentukan kebutuhan terlebih dahulu. Anda harus memilih asuransi yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda agar asuransi yang Anda gunakan dapat dimanfaatkan secara tepat dan maksimal.

    2. Kenali Perusahaan Asuransi yang Menawarkan Produk

    Pastikan platform asuransi atau perusahaan asuransi yang Anda pilih berlisensi OJK (Otoritasi Jasa Keuangan)  atau asosiasi asuransi terkait seperti AAJI (Asosasi Asuransi Jiwa Indonesia) atau AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia). Jika platform asuransi atau perusahaan asuransi yang Anda pilih resmi terdaftar dalam OJK atau asosiasi asuransi terkait maka perusahaan tersebut akan memiliki tanggung jawab besar terhadap produk asuransi yang dijualnya. Terlebih lagi bertanggung jawab terhadap klien atau peserta yang menjadi tanggungannya.

    3. Bandingkan Produk Asuransi Anda Pilih dengan Produk Asuransi Lain

    Memilih produk asuransi tidak bisa sembarangan. Pemilihan produk asuransi harus disesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhan Anda. Terlebih bagi milenial. Tidak hanya melihat kebutuhan Anda dan perusahaan yang berlisensi, Anda dapat melihat besaran premi asuransi untuk mempertimbangkan dan sebagai bahan pembanding produk asuransi satu dengan yang lain. Selain itu, asuransi yang dapat diakses melalui digital secara online pun bisa menjadi pilihan milenial.

    Selain poin diatas, Anda juga dapat melihat dari segi krediabilitas perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Untuk menentukan kredibilitas perusahaan memang bukan perkara mudah. Kredibilitas sebuah perusahaan salah satunya dapat ditunjang dari kemampuan perusahaan dalam memperoleh penghargaan. Keterlibatan perusahaan asuransi di dalam ajang kompetisi sangat penting karena basis bisnis asuransi adalah jasa. Jadi komitmen untuk melayani pelanggan dengan baik menjadi bukti kesungguhan perusahaan tersebut dalam menjaga kepercayaan customer.

    – Dinda Luvita –

     

    Komentar
    Bottom Adv