Tips Meminjam Online Anti Gali Lubang Tutup Lubang

    Tips Meminjam picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Kebutuhan yang semakin tinggi terkadang membuat banyak orang memilih mengajukan pinjaman. Baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga mencari modal usaha. Lantas bagaimana tips meminjam agar tidak gali lubang tutup lubang?

    Pinjaman online berupa peer-to-peer lending menjadi cara terbaru mengajukan pinjaman yang aman dan mudah.

    Sayangnya, yang sering terjadi adalah kesulitan peminjam mengembalikan dana. Kebanyakan bukan karena mereka tidak memiliki dana yang mencukupi untuk mencicil, tapi karena kesalahan kalkulasi. Banyak pinjaman yang berakhir gali lubang tutup lubang alias meminjam lagi untuk menutupi pinjaman lama. Berikut ini tips meminjam uang agar lebih cerdas dalam mengatur pembayarannya.

    Baca juga: Kota Binjai dengan Perkembangan Fintech Terkini

    Tips Meminjam Online Agar Tidak Gali Lubang Tutup Lubang

    Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah klasik ini. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

    1. Selalu Masukkan Cicilan dalam Daftar Belanja Bulanan

    Ketika Anda memiliki pinjaman, pastikan untuk memasukkan cicilan dalam daftar kebutuhan bulanan Anda. Ini akan membuat Anda selalu ingat untuk mencicil sehingga tidak berakhir terkena denda yang akhirnya membuat tagihan Anda semakin tinggi.

    2. Berhemat

    Banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk memenuhi gaya hidup mewah. Bahkan mereka yang memiliki pinjaman pun kerap melakukan kesalahan yang sama. Jangan biarkan diri Anda terjebak dengan hal-hal semacam ini kalau ingin pinjaman Anda segera lunas. Terapkan gaya hidup hemat dan ingat bahwa utang adalah prioritas yang harus didahulukan.

    3. Selalu Bayar Cicilan Tepat Waktu

    Karena utang adalah prioritas, ingat untuk selalu menyisihkannya ketika Anda punya uang. Bayar pinjaman tepat waktu karena sekarang banyak penyedia jasa pinjaman yang mengenakan denda atas keterlambatan pembayaran. Hindari denda ini sebisa mungkin agar Anda bisa menekan pengeluaran seminim mungkin.

    Baca juga: Carrefour Adopsi Blockchain untuk Pasokan Susu

    4. Jangan Tergoda Kartu Kredit

    Kartu kredit memang menawarkan banyak kemudahan, terutama untuk Anda yang memerlukan cicilan untuk keperluan bulanan. Tapi ingat, pinjaman bisa menjadi jebakan jika Anda tidak pandai-pandai mengelolanya. Keberadaan kartu kredit bisa secara tidak sadar menambah beban cicilan bulanan Anda. Selama Anda masih memiliki pinjaman online yang belum lunas, hindari menggunakan kartu kredit sampai utang Anda lunas.

    5. Hindari Mengambil Pinjaman Lain

    Meskipun terdengar klise, tapi inilah kunci penting agar Anda tidak terjebak pinjaman yang sifatnya gali lubang tutup lubang. Ketika Anda punya utang dan mulai berpikir untuk mengambil pinjaman lain guna menutupi utang yang lama, di sinilah masalah Anda dimulai. Seperti efek domino, ini akan berlangsung lagi dan lagi. Hindari memulai hal ini sejak awal agar keuangan Anda tetap terjamin.

    6. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

    Memiliki cicilan memang jadi beban pengeluaran setiap bulannya. Jika Anda merasa itu memberatkan dan apa yang Anda dapatkan tidak mencukupi, saatnya memutar otak mencari uang tambahan. Ada banyak posisi lepas yang bisa Anda temukan di internet seperti penulis lepas hingga pedagang online.

    Kecermatan mengatur keuangan memang merupakan skill yang penting namun sulit dipelajari. Dengan kedisiplinan dan kekonsistenan Anda, masalah keuangan yang pelik pun pasti bisa teratasi.

    -Dita Safitri-

    Komentar
    Bottom Adv