Pendanaan Senilai $ 1,1 Miliar Diraih Tokopedia

    pendanaan picture

    DuniaFintech.com – Perkembangan perusahaan startup unicorn lokal memang tidak berhenti memukau khalayak. Tokopedia, salah satu e-commerce terbesar yang didirikan oleh Wiliam Tanuwijaya berhasil mendapatkan pendanaan senilai $ 1,1 miliar atau setara Rp. 16 triliun.

    Jumlah tersebut tentu saja bukan angka yang sedikit. Dana segar berupa saham itu merupakan hasil pendanaan  yang melibatkan Softbank Vision Fund dan Alibaba Group dengan dukungan Softbank Ventures Korea.

    Ini bukan kali pertama Alibaba ikut mendanai perusahaan ini. Sebelumnya dana senilai $1,1 miliar juga telah dikucurkan Alibaba pada Agustus 2017 lalu.

    Baca juga: Qoala Rilis Inovasi Digital untuk Layanan Asuransi

    Tambahan dana tersebut tidak hanya semakin memantapkan posisi perusahaan ini sebagai perusahaan unicorn yang sedang maju pesat tetapi sekaligus membuat perusahaan e-commerce tersebut sebagai startup dengan valuasi tertinggi di Indonesia saat ini.

    Dana yang baru masuk tersebut rencananya akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan  menjadi platform infrastructure-as-a-service (IaaS).

    Didirikan oleh Penjaga Warnet, Kini Jadi Perusahaan Raksasa

    Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edison. Didorong kebutuhan mendesak di masa kuliahnya, William lantas memiliki ide untuk mendirikan forum jual beli di internet.

    Meski tak punya latar belakang bisnis, William tetap mewujudkan impiannya. Pada tanggal 6 Februari 2009 ia dan Leon mendirikan Tokopedia. Tanggal 17 Agustus 2009, secara resmi e-commerce tersebut diluncurkan.

    Di bulan pertamanya, Tokopedia berhasil mengumpulkan 509 merchants dengan 4.560 anggota. Saat itu volume transaksi mereka hanya Rp. 33 juta. Dalam tempo setahun saja, Tokopedia berhasil melesat pesat dengan raihan 4.659 merchant dengan 44.785 anggota. Nilai transaksinya pun naik hingga mencapai Rp 5,9 miliar.

    Baca juga: Lazada 12.12 Catat Rekor Baru Harbolnas

    Angka itu tentu terus mengalami kenaikan seiring dengan semakin banyaknya pedagang-pedagang yang bergabung di Tokopedia. Pada awal tahun 2017, Tokopedia tercatat memiliki 40 juta produk dengan 12 juta pengguna. Transaksi harian yang berhasil ditorehkan pun tak kalah membuat tercengang: Rp 1 triliun per bulan.

    Sempat kesulitan memperoleh suntikan dana di awal, prestasi Tokopedia ternyata berhasil menarik minat banyak investor. East Ventura, CyberAgent Ventur dan Softbank adalah beberapa nama yang pernah ikut mengucurkan dana segarnya sebelum Alibaba. Semua raihan luar biasa ini berhasil dicapai kurang dari 10 tahun saja.

    Written by: Dita Safitri

    Komentar