3 Tren Ini Akan Dukung Pertumbuhan Perusahaan Fintech

perusahaan fintech
Inline Adv

DuniaFintech.com – Meningkatnya pertumbuhan teknologi, akses yang lebih besar terhadap informasi serta berbagai faktor lain secara aktif telah mendorong pertumbuhan industri teknologi keuangan atau perusahaan fintech yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Sebuah laporan via Globenewswire memperkirakan bahwa pasar fintech akan bernilai $05,7 miliar pada tahun 2023 mendatang. Banyak inovasi yang muncul di ruang fintech justru berasal dari entitas non bank. Salah satunya adalah startup yang didukung oleh permodalan ventura. Bahkan menurut penelitian CB Insight berhasil ditemukan bahwa perusahaan fintech yang mendapat dukungan pemodal ventura berhasil mengumpulkan 9,6 miliar di tahun 2018. Angka ini naik sebesar 120% dibanding tahun sebelumnya.

Perusahaan-perusahaan yang memadukan teknologi untuk biaya transaksi yang lebih murah dan transparan ini tampaknya akan mengambil peran semakin besar dalam industri keuangan kita.

Baca juga:

Ada 3 kunci tren yang akan mendukung hal ini antara lain:

Pemanfaatan Komputer dan Platform Online

Melalui komputer dan platform online, perusahaan-perusahaan fintech dapat memberikan layanan perbankan tradisional serta produk dan layanan yang dipersonalisasi tanpa harus bertemu secara langsung. Sebut saja seperti apa yang dilakukan oleh Wealthsimple yang baru-baru ini meluncurkan aplikasi yang disebut Wealthsimple Trade yang memungkinkan siapapun yang berada di Kanada untuk membeli dan menjual saham dengan komisi 0%. Dibandingkan komisi yang banyak dikenakan oleh trader konvensional, ini adalah kemajuan yang signifikan.

Pengembangan Alat Analisis

Kemajuan pesat teknologi juga telah mendorong munculnya alat analisis yang dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan data untuk mendukung proses pengambilan keputusan, manajemen risiko dan optimalisasi proses. Saat ini, perusahaan fintech dengan strategi investasi kuantitatif yang gesit dan dapat diskalakan menjadi tantangan bagi manajer uang tradisional untuk memberikan nilai. Bahkan beberapa bank Kanada yang lebih besar mengikuti tren ini dan menambahkan alat teknologi dan solusi fintech pada penawaran mereka. Salah satu bank ini adalah BMO, dengan BMO SmartFolio robo-advisor mereka.

Penghapusan Hambatan Keuangan

Perusahaan-perusahaan fintech berkembang dengan langkah cepat dan menghilangkan hambatan dunia finansial. Misalnya, Wealthsimple membantu berinovasi pada lanskap keuangan di Kanada dengan menghilangkan minimum akun. Selain itu, perusahaan fintech seperti Nest Wealth, WealthBar, dan ModernAdvisor – manajemen kekayaan online dan perusahaan penasihat keuangan – menawarkan manfaat seperti nasihat keuangan dan akses ke penasihat atau manajer dengan biaya terjangkau. 

Di bank tradisional, akses ke perencana keuangan atau penasihat bisa sangat mahal dan menggerogoti kekayaan yang Anda coba bangun. Menciptakan solusi melalui teknologi telah memungkinkan perusahaan-perusahaan fintech ini bersaing dengan bank-bank lama dan perusahaan investasi.

Dengan berbagai peluang besar ini, tidak heran jika banyak yang memprediksi dalam beberapa tahun dari sekarang, fintech akan tumbuh semakin besar.

-Dita Safitri-

Komentar
Bottom Adv