Tutorial Memulai Blog dengan WordPress

    blog picture

    DuniaFintech.com – WordPress merupakan sebuah aplikasi berbasis open source yang sangat populer digunakan oleh para blogger untuk membuat blog. WordPress dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL yang juga bersifat open source.

    Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

    Cara Mudah Memulai Blog WordPress Anda Sendiri

    Jika Anda ingin memulai blog WordPress Anda sendiri, langkah-langkahnya sangat mudah dan Hostinger tutorial tentang cara membuat blog sangat mudah ditemukan di internet. Pertama, ada beberapa hal yang Anda perlukan sebelumnya:

    • Ide nama domain (ini sekaligus akan menjadi nama dari blog Anda)
    • Akun web hosting (di sinilah Anda akan menyimpan situs Anda di internet)

    Langkah 1, Setup

    Kesalahan terbesar yang dilakukan pemula ketika memulai sebuah blog adalah memilih platform blog yang salah. Untungnya, Anda ada di sini, jadi Anda tidak akan terjebak dalam kesalahan itu.

    Untuk 95% pengguna, lebih masuk akal untuk menggunakan WordPress.org yang juga dikenal sebagai WordPress yang dihosting sendiri. Mengapa? Karena gratis digunakan, Anda dapat menginstal plugin, menyesuaikan desain situs Anda, dan yang paling penting menghasilkan uang dari situs Anda tanpa batasan.

    Selanjutnya, siapkan nama dan hosting Anda. Untuk dua keperluan ini Anda bisa menghubungi hoster dan membayar dengan biaya tertentu yang bervariasi, tergantung layanan yang Anda inginkan. Untungnya, Bluehost, penyedia hosting yang direkomendasikan WordPress resmi, memberikan penawaran nama domain gratis kepada pengguna di lebih dari 60% web hosting.

    Langkah 2, Install WordPress

    Di cPanel, Anda akan melihat lusinan ikon kecil untuk berbagai layanan dan fitur. Ini bisa sedikit berlebihan, jadi abaikan 95% di antaranya karena Anda tidak akan pernah perlu menggunakannya. Gulirkan kursor ke bawah ke bagian situs web dan klik pada ikon WordPress.

    Anda akan diarahkan ke layar Instalasi Cepat Bluehost Marketplace untuk WordPress. Klik pada tombol Get Started. Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih nama domain Anda. Pilih domain dari dropdown dan kemudian klik Next.

    Setelah itu, Anda harus memasukkan nama situs, nama pengguna, dan kata sandi untuk situs Anda. Anda juga perlu memeriksa semua kotak centang dan kemudian klik Instal. QuickInstall akan mulai menginstal WordPress. Marketplace akan meminta Anda untuk menjelajahi tema WordPress, sementara WordPress sedang diinstal. Setelah selesai menginstal WordPress, Anda akan melihat pemberitahuan sukses di bilah header atas.

    Langkah 3, Pilih Tema WordPress

    Menyesuaikan tampilan dan nuansa blog Anda adalah salah satu bagian paling menarik dan bermanfaat dalam perjalanan membuat situs WordPress Anda.

    Ada ribuan tema WordPress pra-instal yang dapat Anda pasang di situs Anda. Beberapa di antaranya gratis, sementara yang lain berbayar. Anda dapat mengubah tema Anda dengan memilih dashboard WordPress Anda dan mengklik pada Appearance »Theme.

    Lanjutkan dan klik tombol Add New. Pada layar berikutnya, Anda dapat mencari dari 5600+ tema WordPress gratis yang tersedia di direktori tema WordPress.org resmi. Anda dapat mengurutkan berdasarkan fitur populer, terbaru, unggulan, serta filter fitur lainnya (misalnya industri, layout, dll).

    Ketika Anda telah menemukan tema yang Anda sukai, cukup arahkan mouse Anda ke arahnya, dan tombol install akan muncul. Klik dan tunggu tema yang akan diinstal. Setelah itu, tombol instal akan berganti dengan tombol activate. Anda perlu mengkliknya untuk mengaktifkan tema.

    Langkah 4, Buat Postingan Pertama Anda

    Untuk menulis posting blog pertama Anda, klik pada Post »Add New menu Baru di dashboard WordPress Anda. Setelahnya akan muncul hamalan di mana Anda bisa mengetik postingan pertama di sana. Setelah selesai menulis, kill tombol Publish dan tulisan Anda akan terposting. Pada layar posting, Anda akan melihat beberapa bagian lain seperti Categories dan Tag. Anda dapat menggunakan ini untuk mengatur posting blog Anda.

    Langkah 5, Menambah Plugin dan Customization

    Setelah Anda menulis posting blog pertama Anda, Anda mungkin ingin memulai dengan menambahkan elemen biasa lainnya di situs web Anda seperti formulir kontak, galeri, slider, dll. Untuk menambahkan semua fitur tambahan ini, Anda perlu menggunakan plugin.

    Plugin WordPress adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menambahkan fitur baru ke situs web Anda. Ada lebih dari 55.000 plugin WordPress yang tersedia di direktori plugin WordPress gratis saja. Ini berarti tidak peduli apa yang ingin Anda buat, ada plugin yang bisa Anda gunakan.

     

    Written by: Dita Safitri

    Komentar