UnionBank – IBM Revolusi Perdagangan Pakai Blockchain

    UnionBank picture

    DuniaFintech.com – UnionBank dengan raksasa teknologi IBM bekerja sama untuk merevolusi keuangan perdagangan di Filipina. Revolusi tersebut berfokus pada rantai pasokan berbasis Blockchain.

    Kepala teknologi IBM Filipina Lope Doromal Jr mengungkapkan bahwa UnionBank dan IBM sedang mengerjakan solusi berbasis blockchain, dan mengklaim aplikasi berbasis cloud adalah salah satu proyek pertama di Filipina di luar perbankan tradisional, dan dirancang untuk mengubah transaksi keuangan perdagangan melalui buku besar terdesentralisasi.

    “Dibangun pada Platform Blockchain IBM, solusi keuangan rantai pasokan dari UnionBank akan tersedia untuk semua pelanggan dan mitra mereka yang akan bergabung dengan jaringan blockchain,” jelas Doromal.

    “Setelah menjadi bagian dari jaringan, semua pihak yang terlibat dalam transaksi dapat bertindak pada buku besar bersama yang sama, dengan masing-masing pihak memperbarui hanya bagian mereka untuk proses – memastikan efisiensi, konsistensi, kepercayaan dan transparansi, sambil menjaga informasi sensitif.”

    Solusi ini dirancang untuk memungkinkan lebih banyak pemasok mengakses kredit, dengan tujuan mendorong inklusi keuangan yang lebih besar di seluruh rantai pasokan.

    Solusi terbaru ini diharapkan dapat meningkatkan proses faktur melalui ekosistem rantai pasokan dengan menghilangkan praktik pemeliharaan dan memperbarui buku besar secara terpisah yang tidak hanya lambat tetapi juga rentan terhadap kesalahan manusia yang membuat catatan tidak konsisten dan mengakibatkan tertundanya pembayaran dan pelepasan modal sehingga meningkatkan biaya.

    Doromal percaya karena UnionBank dapat mengakses transaksi yang dicatat pada buku besar bersama dalam waktu dekat, bank akan lebih mampu mengembangkan dan menawarkan produk baru ke perusahaan kecil dan menengah.

    Eksekutif teknologi mencatat bahwa IBM secara aktif bekerja dengan klien di Filipina untuk memahami proses mana dari mereka yang dapat memanfaatkan blockchain sebagai solusi teknologi untuk menghilangkan gesekan, langkah dan tugas yang berlebihan sambil memastikan keamanan dan memberikan transparansi kepada mitra yang beroperasi dalam ekosistem bisnis .

    Kepemimpinan UnionBank akhir-akhir ini merupakan pendukung setia blockchain. Ketuanya Justo Ortiz juga mengepalai Philippine Blockchain Association (PBA) yang baru dibentuk. Dia baru-baru ini memimpin peluncuran inisiatif blockchain UnionBank yang disebut Project i2i yang bertujuan untuk membawa jutaan orang Filipina yang tidak memiliki rekening bank ke sistem keuangan dengan menghubungkan bank-bank pedesaan ke jaringan keuangan utama negara itu.

    UnionBank tahun lalu juga bermitra dengan VISA untuk membangun sistem pembayaran B2B (bank-ke-bank) berbasis blockchain.

     

    -Kamlet Rosse-

    Komentar