Vitalik Buterin, Sosok Muda Di balik Penciptaan Ethereum

    vitalik buterin
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Vitalik Buterin, sang co-founder, bukan hanya karena kejeniusannya menciptakan Ethereum, tapi karena usianya masih tergolong sangat muda ketika itu. Ya, pria berkebangsaan Rusia-Kanada ini masih berumur 23 tahun saat pertama kali Ethereum muncul di ranah kripto aset.

    Bicara kripto aset, selain Bitcoin Anda tentu tidak asing dengan Ethereum. Dianggap sebagai rival terberat Bitcoin bersama dengan Ripple, Ethereum telah meraih beragam prestasi. Baik dengan koin ataupun dengan jaringan Blockchain yang mereka miliki.

    Baca juga: Lewat Bank Wakaf Mikro, OJK Optimis Tingkatkan Perekonomian Rakyat

    Sosok di Balik Bitcoin Magazine

    Sebelum namanya santer jadi perbincangan pada tahun 2013 karena menulis white paper tentang Ethereum, Buterin sudah terlebih dahulu populer sebagai salah satu sosok di belakang Bitcoin Magazine.

    Buterin awalnya bergabung dengan seseorang dari forum Bitcoin untuk membuat blog Bitcoin. Dia ditawari bayaran 5 Bitcoin (waktu itu harganya masih $3,5) dan menulis di blog tersebut sampai akhirnya tutup karena kurangnya popularitas Bitcoin saat itu. Pada 2011, seseorang menawarinya posisi sebagai co-founder dan penulis utama di Bitcoin Magazine dan pengetahuannya tentang Blockchain serta kripto aset pun semakin berkembang.

    Membuat Ethereum

    Buterin merupakan co-founder dan inventor dari Ethereum dan memulai ketertarikannya terhadap Bitcoin saat usianya masih 17 tahun. Ethereum sendiri dideskripsikan sebagai jaringan penambangan dan platform pengembangan perangkat lunak terdesentralisasi yang memfasilitasi penciptaan kripto aset baru dan program yang berbagi satu jaringan Blockchain tunggal.

    Baca juga: OJK : Kenali Manfaat dan Resiko Fintech Lending

    Tidak butuh lama sampai Buterin menjadi ‘seleb’ di dunia kripto. Memiliki hampir 1 juta pengikut di akun Twitternya, Buterin kerap membagikan pandangannya terkait industri Blockchain dan kripto aset terkini.

    Buterin menerima Thiel Fellowship Awards yang bergengsi pada tahun 2014 lalu. Di tahun 2016 dan 2018, Fortune mencatat namanya dalam daftar 40 under 40. Majalah Forbes juga memasukkan Buterin sebagai salah satu dari 30 under 30 tahun 2018.

    Sampai saat ini, pria kelahiran Rusia, 31 Januari 1994 ini terus berkiprah aktif bersama Ethereum. Saat ini dia diketahui memiliki net worth senilai lebih dari $100 juta. Berita terbaru menyebutkan bahwa Ethereum akan segera meluncurkan fase kedua dengan berbagai upgrade pada awal tahun 2020 mendatang.

    -Dita Safitri-

    Komentar
    Bottom Adv