Waktu yang Tepat untuk Memulai Asuransi? Jangan Anda Sepelekan!

    waktu yang tepat untuk memulai asuransi picture
    Inline Adv

    DuniaFintech.com – Bagi sebagian besar kalangan masyarakat, asuransi belum menjadi prioritas dalam hidup mereka. Bahkan jika ditawarkan untuk membeli asuransi, berbagai alasan dikeluarkan mulai dari banyaknya keperluan hingga alasan bahwa mereka tidak membutuhkan asuransi. Menariknya, diantara kalangan yang menyepelekan asuransi, terdapat kalangan yang mungkin penasaran akan manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi tetapi bingung kapan waktu yang tepat untuk membeli asuransi. Berikut adalah waktu yang tepat untuk memulai asuransi:

    1. Saat Anda Memasuki Usia Produktif

    Mengambil asuransi jiwa ketika baru memasuki usia produktif, apalagi saat Anda belum menikah, memang bukan pilihan populer. Pada masa ini kebanyakan orang lebih memilih menghabiskan gaji untuk hal-hal yang berhubungan dengan lifestyle. Padahal menurut para ahli keuangan, di usia muda saat sebelum Anda menikah, merupakan waktu yang tepat untuk memulai asuransi. Selain belum dipusingkan oleh berbagai kebutuhan rumah tangga, Anda juga bisa mendapatkan biaya asuransi jauh lebih rendah dibandingkan jika Anda mengambilnya saat usia senja.

    Jadi, selama Anda masih melajang anda bisa secara mandiri merawat diri anda dengan bantuan asuransi kesehatan yang akan Anda pilih ketimbang harus menggunakan uang tabungan anda yang anda persiapkan untuk kepentingan lain di masa depan. Di masa produktif ini juga Anda pasti mendapatkan asuransi yang ditawarkan dari perusahaan tempat Anda bekerja. Di saat inilah Anda harus memulai untuk mempertimbangkan asuransi yang ditawarkan apakah akan memberikan manfaat atau bahkan keuntungan untuk anda atau hanya akan membebani.

    Baca juga :

    2. Saat Anda Memutuskan untuk Mulai Membangun Keluarga

    Dalam “kamus finansial”, membangun keluarga berarti Anda telah memulai tanggung jawab finansial. Dalam fase ini, Anda tidak lagi hanya memikirkan kebutuhan hidup, tetapi juga harus mulai memikirkan kebutuhan istri/suami dan anak-anak Anda.

    Jika karena satu dan lain hal Anda memutuskan untuk tidak (belum) mengambil asuransi saat mulai membangun keluarga, maka momen membeli rumah baru adalah waktu yang tepat untuk memulai asuransi. Terutama jika Anda adalah satu-satunya sumber penghasilan dalam keluarga. Memiliki asuransi jiwa berarti memastikan keluarga Anda tidak akan terbelit utang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau lebih buruk lagi, kehilangan rumah, jika sesuatu yang buruk terjadi pada Anda.

    3. Sebelum Masa Pensiun Anda

    Memang terdapat beberapa perusahaan yang menawarkan jasa untuk mengatur dana pensiun karyawannnya. Namun sayangnya, tidak semua dan tidak semua memberikan hasil yang sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, hal tersebut dapat dijadikan waktu yang tepat untuk memulai asuransi sebelum menuju masa pensiun Anda. Anda bisa mencari asuransi dana pensiun karyawan sepuluh tahun atau lebih beberapa tahun sebelumnya untuk mempersiapkan masa pensiun anda yang bahagia.

    Tak hanya uang pensiun saja yang bisa anda sebaikanya pertimbangkan di hari hari sebelum masa pensiun, namun juga asuransi kesehatan guna memberikan jaminan perawatan kesehatan dengan fasilitas yang baik saat anda memasuki usia pensiun nantinya. Meskipun kesehatan memang tidak selalu bergantung pada usia, tidak ada salahnya jika anda mempersiapkan asuransi kesehatan Anda dan waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk memulai asuransi jika anda belum memiliki asuransi sama sekali.

    Lalu bagaimana jika hingga saat ini Anda belum memiliki asuransi? Untungnya, tidak ada kata terlambat untuk Anda memulainya. Sekarang, lebih cepat dan sesegera mungkin. Jadi, tunggu apa lagi? “Why wait until tomorrow what you can do today?.”

    – Dinda Luvita –

     

    Komentar
    Bottom Adv