XL Axiata Resmikan Lab IoT Terlengkap Di Indonesia?

    XL Axiata

    DuniaFintech.com – Operator seluler XL Axiata membangun laboratorium Internet of Things ( IoT), sebagai wadah dalam mengembangkan ekosistem Internet of Things (IoT) untuk para pengembang aplikasi dan pelaku industri membuat solusi terintegrasi bernama X-Camp.

    X-Camp didirikan melihat peluang IoT yang tampaknya akan menjadi salah satu solusi digital dengan potensi besar di masa mendatang, termasuk dari sisi nilai ekonomi. Laboratorium ini akan menjadi tempat bertemunya semua pemangku kepentingan untuk bersama mengembangkan ekosistem IoT di Indonesia, mulai dari ide hingga implementasi bisnisnya.

    Laboratorium X-Camp diresmikan pada Selasa (13/11/2018) oleh CEO XL Axiata, Dian Siswarini; Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di kantor pusat XL di Jakarta.

    Menurut Dian, dengan konsep IoT Open Lab dan fasilitas yang dimiliki saat ini, X-Camp merupakan IoT Innovation Lab terlengkap yang dimiliki oleh operator telekomunikasi di Indonesia. X-Camp juga menjadi satu-satunya Lab IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara.

    Salah satu keuntungan X-Camp tergabung dalam aliansi tersebut, menurut Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, adalah akses terhadap informasi yang dibagikan oleh operator-operator seluler lain di dunia dan akses pasar.

    XL berharap besar X-Camp dapat berperan serta secara aktif dalam mengembangkan teknologi dan ekosistem IoT serta menjadi salah satu pendorong dalam mendukung pemerintah mewujudkan inisiatif Making Indonesia 4.0 sejalan dengan trend industry 4.0.

    Baca juga : Lima Fitur Dokuku Mudahkan Sistem Multi Cabang

    X-Camp akan turut aktif mengembangkan potensi sumber daya lokal, termasuk dari kalangan perguruan tinggi. Bahkan, saat ini X-Camp telah menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus terkemuka di Indonesia, termasuk diantaranya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan menyusul beberapa universitas lainnya sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance untuk bersama-sama membangun ekosistem IoT secara berkesinambungan.

    Inisiasi ini menargetkan Indonesia sebagai negara yang tergabung dalam 10 besar ekonomi dunia, salah satunya adalah lewat industri yang berbasis teknologi. Sementara Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa X-Camp ini sejalan dengan program Menkominfo yang ingin mencetak 20.000 digital talent pada 2019 mendatang.

    Sebanyak 20.000 talenta digital setingkat teknisi itu akan dilatih dan diberi sertifikat, supaya bisa bekerja di perusahaan teknologi besar maupun industri startup di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga akan menyiapkan pelatihan talenta digital Indonesia untuk posisi C-Level (tingkat pimpinan), bekerja sama dengan grup Alibaba lewat program 1.000 C-Level.

    Written by : Dinda Luvita
    Picture by : xlaxiata.co.id

    Komentar