Mari Bantu Yakobi Ciptakan Komunitas Belajar

    yakobi picture

    DuniaFintech.com – Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (Yakobi) merupakan lembaga nirlaba yang berkomitmen untuk menciptakan komunitas belajar yang kreatif, berdaya, antusias, dan dinamis di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

    Caranya melalui peningkatan kualitas dan kapasitas komunitas belajar yang bertujuan untuk membangun kemandirian dan kemerdekaan terhadap kebutuhan pendidikan bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

    Yakobi mendorong tumbuhnya komunitas-komunitas belajar yang mandiri dengan pendekatan pendidikan informal sebagai pusat pengajaran, pengetahuan, dan informasi dalam bentuk mobilisasi kelas masyarakat. Proses belajar kreatif digunakan sebagai metode untuk menggali pengetahuan dan kebanggaan lokal untuk meningkatkan kapasitas dan mentalitas SDM lokal di Kabupaten Berau.

    Komunitas belajar ini diawali dari penyelenggaraan kursus Bahasa Inggris (ELC Berau) yang telah banyak memberikan kontribusi untuk pendidikan kreatif di Kabupaten Berau sejak tahun 2006, yang kemudian bertransformasi menjadi Yakobi untuk meluaskan program dan menjangkau wilayah yang lebih luas.

    Lahir pada pertengahan tahun 2011, di bulan kemerdekaan sebagai refleksi terhadap kemerdekaan potret pendidikan di Indonesia, komunitas ini telah aktif memfasilitasi berbagai kegiatan pendidikan dan konservasi lingkungan bersama mitra lokal, nasional, dan internasional serta menjalin komunikasi aktif dengan jaringan guru, pemuka  agama, dan masyarakat.

    Fokus saat ini adalah membangun mimpi besarnya, Sekolah Alam guna mendorong pendidikan yang kreatif, inspiratif, dan menyenangkan. Sejak awal tahun 2013, Yakobi telah memfasilitasi lebih dari 60 anak untuk memperoleh pendidikan gratis melalui program membership dan memberdayakan lebih dari 10 mahasiswa lokal sebagai tenaga pengajar.

    Salah satu program kegiatan yang baru dilaksanakan adalah Kampanye Penanaman dan Perkemahan Alam (Youth Green Campaign Berau). Kegiatan yang terlaksana pada tanggal 30 Maret–2 April 2017 di Kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan (HLSL) ini, turut didukung oleh Yayasan Operasi Walacea Terpadu (OWT).

    Selain itu, juga mengadakan Post Card Writing Competition yang ditujukan kepada siswa dan siswi tingkat SMA/sederajat di Kabupaten Berau. Lima pemenang lomba tersebut mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam kemah dan mendapat beasiswa belajar bahasa Inggris dari Yakobi-ELC.

    Bersama ELC, juga sering mengadakan kegiatan bersama. Tahun lalu, misalnya, Yakobi-ELC diundang untuk mengisi General English Class di Grand Parama Hotel Tanjung Redeb. Para peserta yang hadir adalah sebanyak 45 orang dari berbagai posisi pekerjaan, mulai dari cleaning service, akuntan, front office hingga petugas keamanan (security). Mereka sangat berharap bisa berbicara bahasa Inggris jika ada tamu orang asing yang datang ke hotel. Dalam kegiatan ini, Yakobi-ELC mencoba untuk memberikan materi debat dan story telling yang sederhana agar mudah diterima oleh para peserta.

    Masyarakat dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dengan berdonasi.

    Source: yakobi.org

    Written by: Sebastian Atmodjo

    Komentar